You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Superfood Wajib untuk MPASI Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Jumat, 9 September 2022 | 11:00 WIB
Superfood wajib untuk menu MPASI anak | Shutterstock

Memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI untuk bayi tentu perlu melewati tahapan-tahapan tekstur MPASI sesuai dengan usia dan kemampuan si kecil dalam mengunyah serta memproses makanannya, Bun. Mulai dari bubur encer, hingga akhirnya bayi dapat menerima makanan padat, seperti nasi beserta lauk-pauknya. 

Namun yang lebih penting lagi, Bunda harus pandai memilih berbagai variasi menu MPASI yang padat nutrisi. Sehingga meskipun si kecil belum mampu mengonsumsi dalam jumlah maupun variasi yang banyak, kebutuhan nutrisinya tetap akan terpenuhi dari MPASI padat nutrisi yang telah Bunda siapkan.

Bacca Juga: Ini yang Perlu Bunda Persiapkan Saat Akan Mulai Memberikan MPASI pada Si Kecil

Berikut ini berbagai macam superfood terbaik, seperti dilansir dari Parents.com, yang wajib Bunda gunakan sebagai menu MPASI bayi, karena kandungan nutrisinya yang padat, dan tentunya baik untuk tumbuh kembang anak!

Pisang

Sebagai sumber energi, pisang mengandung banyak karbohidrat serta serat, yang akan mendukung dan menyehatkan sistem pencernaan bayi, Bun. Selain itu pisang juga sangat mudah diolah dan dibawa ke mana pun, sehingga si kecil juga dapat menikmatinya kapan pun.

Ubi jalar

Mengandung potassium, vitamin C, serat, juga beta-carotene yang merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Ubi jalar sangat baik dijadikan sebagai MPASI, selain juga rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, tentu akan sangat disukai oleh bayi.

Berbagai variasi menu MPASI yang padat nutrisi wajib diberikan untuk tumbuh kembang yang optimal | Shutterstock

Alpukat

Tinggi akan kandungan protein, alpukat juga disebut-sebut memiliki banyak lemak baik yang mampu mencegah penyakit hati, Bun. Alpukat dapat diolah menjadi pure dan disaring hingga halus, untuk menyesuaikan tekstur terbaik sesuai dengan tahapan MPASI bayi.

Telur

Mengandung banyak nutrisi seperti protein, zinc, vitamin A, D, E, dan B12. Telur juga mengandung Kolin, yang terbukti bermanfaat untuk perkembangan otak. Apabila Bunda sekeluarga tak memiliki alergi telur, maka pemberian telur dapat diberikan sedini mungkin, namun apabila ada anggota keluarga yang memiliki alergi telur, sebaiknya Bunda berhati-hati saat mengenalkannya sebagai MPASI pada bayi. Atau bila perlu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter yang biasa merawat si kecil, Bun.

Baca Juga: Inspirasi Menu MPASI Tradisional Khas Indonesia

Wortel

Selain mudah diolah, wortel juga tinggi kandungan beta-carotene. Beta-carotene di dalam wortel diubah menjadi vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata si kecil. Pastikan Bunda mengolah wortel hingga lembut, agar si kecil dapat dengan mudah mengonsumsinya, dan jauh dari risiko tersedak.

Brokoli

Tidak diragukan lagi, brokoli mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Tinggi akan vitamin C, beta-carotene, asam folat, zat besi, juga potasium. Pastikan Bunda mengolahnya dengan cara dikukus bukan direbus, ya. Merebus brokoli hanya akan mengurangi kandungan vitamin C hingga 50%, Bun!

Butternut squash

Rasanya yang manis pasti akan disukai oleh anak, Bun. Mengandung banyak beta-carotene, vitamin C, potasium, serat, asam folat, vitamin B, dan omega-3. Pastikan untuk mengolah butternut squash hingga lembut, agar si kecil dapat menikmatinya dengan mudah ya, Bun. 

Pastikan untuk mengolah brokoli dengan cara dikukus bukan direbus, Bun! | Shutterstock

Ikan, ayam, dan daging

Tidak perlu membeli ikan yang mahal, Bun. Ikan air tawar seperti lele atau nila, juga memiliki nutrisi tinggi dan baik untuk bayi. Selain itu, Bunda dapat mengkombinasikan ketiga bahan ini di dalam menu MPASI si kecil. Atau sesimpel menjadwalkannya setiap minggu, agar si kecil dapat mendapatkan semua manfaat yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengolah ikan, daging, atau ayam, sebisa mungkin Bunda tidak menggunakan banyak minyak, ya. Cukup mencampurnya hingga halus bersama bubur, dan si kecil pun akan lahap menikmatinya!

Untuk ayam maupun daging, pastikan Bunda memilih ayam dan daging yang berkualitas, agar si kecil pun bisa mendapatkan manfaat yang terbaik.

Baca Juga: Ide MPASI Praktis dan Awet yang Dapat Dibawa untuk Bekal Perjalanan

Pasta

Pasta mengandung karbohidrat kompleks, yang baik sebagai sumber energi juga tumbuh kembang bayi, Bun. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, cobalah untuk mencampur whole-grain pasta dengan pasta reguler, sehingga meningkatkan kandungan serat yang akan diserap oleh tubuh si kecil!

Selain itu, pilihlah pasta berukuran kecil, dan masaklah pasta sampai empuk dan aman juga mudah disantap oleh bayi, Bun. Selamat memasak!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi