You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Ini yang Perlu Bunda Persiapkan Saat Akan Mulai Memberikan MPASI pada Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Kamis, 25 Agustus 2022 | 15:53 WIB
Membiasakan si kecil untuk duduk di kursi makannya sendiri sejak kecil akan sangat baik untuk membangun rutinitas makan si kecil, Bun | Shutterstock

Mempersiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) pertama bagi si kecil merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus, Bun. Banyaknya perlengkapan yang diperlukan untuk mengolah atau membuat MPASI hingga mengatur menu MPASI setiap hari, menjadi hal yang wajib dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar Bunda dapat menjalaninya dengan baik.

Jangan sampai Bunda merasa kewalahan atau kebingungan saat akan mempersiapkan MPASI si kecil ya, Bun. Terlebih bagi Bunda bekerja yang mungkin tak memiliki banyak waktu, namun ingin tetap menyiapkan sendiri kebutuhan MPASI si kecil. Beberapa tips, peralatan, atau perlengkapan mengolah MPASI berikut ini tentu akan sangat membantu!

Baca Juga: Ide MPASI Praktis dan Awet yang Dapat Dibawa untuk Bekal Perjalanan

Membuat menu MPASI

Dengan memiliki menu MPASI yang sudah direncanakan baik setiap minggu atau setiap bulannya, maka Bunda dapat mempersiapkan bahan-bahan MPASI yang dibutuhkan, hingga bahan-bahan yang bisa atau perlu distok di rumah. 

Hal ini tentu saja akan membuat  pekerjaan Bunda akan lebih ringan setiap harinya karena tidak perlu belanja harian dan sudah tahu akan menyiapkan menu MPASI apa di hari tersebut. Ke depannya Bunda juga jadi lebih terencana dan lebih cepat mengolah dan menyiapkan MPASI setiap dibutuhkan.

Peralatan makan yang sebaiknya dimiliki si kecil saat memulai fase MPASI | Shutterstock

Perlengkapan makan

Pilihlah perlengkapan makan yang aman untuk bayi ya, Bunda. Pilihlah alat makan yang bebas BPA (Bisphenol-A) dan food grade. Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan kebutuhan si kecil sesuai usianya, hingga desain yang cocok dan nyaman untuk Bunda juga si kecil gunakan saat makan.

Berikut ini beberapa perlengkapan MPASI yang sebaiknya dimiliki si kecil di rumah:

  • Mangkok, piring, sendok, dan garpu plastik
  • Botol minum yang sesuai dengan kemampuan minum bayi
  • Bib atau celemek
  • Sterilizer apabila diperlukan
  • High chair atau tempat duduk khusus untuk si kecil makan

Baca Juga: Tips Memilih Wadah Plastik yang Aman dan Tepat untuk MPASI Si Kecil

Peralatan memasak mpasi

Untuk mengolah mpasi, sebaiknya Bunda menggunakan peralatan masak khusus dan tidak dicampur atau digunakan untuk memasak makanan selain MPASI. Tujuannya adalah agar MPASI si kecil memiliki rasa yang tidak bercampur dengan masakan lain.

Peralatan memasak MPASI yang dibutuhkan si kecil berikut ini merupakan peralatan masak standar, dan dapat Bunda sesuaikan dengan kebutuhan juga keinginan Bunda, ya!

  • Panci
  • Blender atau penghalus bubur
  • Penyaring makanan
  • Baby food maker, yaitu alat untuk mengolah MPASI mirip blender, namun lebih multifungsi
  • Alat pemeras jeruk atau juicer
  • Penumbuk atau penggiling

Alat untuk membuat MPASI dan wadah penyimpanan |

Kotak penyimpanan MPASI

Nantinya ketika Bunda telah terbiasa menyiapkan MPASI untuk si kecil, kemungkinan besar Bunda akan mulai menyiapkan MPASI untuk disimpan di freezer sehingga tak perlu repot memasak setiap kali waktunya si kecil makan, Bun. Untuk itu Bunda memerlukan tempat penyimpanan yang sesuai dengan porsi sekali makan bayi, dan memiliki ukuran yang fleksibel untuk disimpan di dalam freezer. 

Dengan memiliki stok MPASI, Bunda jadi bisa lebih santai saat menyiapkan MPASI karena cukup memanaskannya sebentar setelah dikeluarkan dari freezer! Menyimpan MPASI beku di freezer memang bisa dilakukan selama 1-3 bulan, meski begitu sebaiknya Bunda tidak sampai menyimpannya selama itu, ya!

Baca Juga: Bubur Instan Sebagai Alternatif MPASI, Amankah Untuk Si Kecil?

Banyak juga ya, kebutuhan yang harus disiapkan saat si kecil mulai mendapatkan MPASI, Bun. Agar tidak terburu-buru atau kewalahan saat menyiapkannya, Bunda bisa banget lho, mulai mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari.

Ingatlah untuk membeli secukupnya, seperlunya, dan sesuai kebutuhan juga usia si kecil ya, Bun. Nanti saat si kecil membutuhkan perlengkapan lainnya atau membutuhkan upgrade untuk menyesuaikan kebutuhan usianya, barulah Bunda dapat me-review kembali perlengkapan MPASI yang Bunda miliki dan menggantinya sesuai kebutuhan!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela