We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

4 Jenis Jajanan yang Tidak Disarankan untuk Balita Demi Kesehatan

author
Ruth Sinambela
Selasa, 16 Mei 2023 | 08:26 WIB
Pilihlah camilan atau jajanan yang sehat untuk si kecil, terutama yang masih berusia balita, Bun! | Shutterstock

Anak berusia balita biasanya sudah mulai mengenal yang namanya camilan atau jajanan, seperti es krim, biskuit, keripik, dan lain sebagainya, Bun. Meski tidak semua orang tua mau memberikan camilan jenis ini kepada buah hatinya, namun tidak sedikit yang sudah memberikan berbagai jenis jajanan tersebut pada balita.

Meski tidak dilarang, namun sebaiknya memberi makanan kemasan seperti jajanan pada si kecil sebaiknya dihindari. Atau paling tidak, dibatasi agar tidak berlebihan. Apalagi para ahli setuju kalau anak usia balita sesungguhnya masih sangat membutuhkan camilan sehat yang diolah sendiri di rumah daripada jajanan atau camilan kemasan yang dibeli di luar, Bun.

Baca Juga: Tips Mengubah Roti Tawar Jadi Camilan Kilat

Khususnya untuk beberapa jenis camilan berikut ini, sebaiknya Bunda maupun Ayah berhati-hati dan tidak memberikannya sama sekali pada si kecil yang masih berusia di bawah 5 tahun, ya!

Minuman sirup tidak baik untuk anak berusia balita karena mengandung pemanis buatan yang jumlahnya c | Shutterstock

Minuman sirop

Meski kecil dan agak sulit dibaca, sebenarnya di dalam berbagai minuman sirop yang dijual di pasaran, terdapat informasi yang mengatakan kalau minuman tersebut tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah 5 tahun.

Rupanya hal ini bukan tanpa sebab, Bun. Terutama karena minuman sirop kemasan mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan balita pada umumnya.

Minuman jelly

Sama halnya dengan minuman sirup, minuman jelly yang banyak dijual di pasaran juga mengandung pemanis dan pewarna buatan. Karena itulah tidak disarankan untuk balita karena dapat menyebabkan obesitas serta gangguan kesehatan lainnya.

Minuman jelly drink mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk anak-anak, Bun |

Baca Juga: Ganti Camilan Si Kecil dengan 5 Camilan Penambah Imunitas Ini!

Kacang atom

Tahukah Bunda kalau kacang atom ternyata juga mengandung pemanis buatan yang tidak aman bagi balita? Selain itu, kacang atom diketahui juga mengandung zat fenilalanin yang dianggap bisa membahayakan kesehatan anak berusia di bawah 5 tahun, Bun!

Berbagai jenis wafer

Balita sebaiknya tidak mengonsumsi wafer sama sekali, Bun. Atau paling tidak awasilah dengan ketat agar balita hanya mengonsumsi sejumlah kecil saja! Hal ini lantaran wafer mengandung pemanis buatan yang tidak bisa dinetralisir oleh organ tubuh balita.

Segala jenis wafer tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh balita | Shutterstock

Penting untuk mencari tahu dan menyaring terlebih dahulu jenis makanan ringan atau jajanan yang aman untuk balita, Bun. Apalagi sekarang ini, semakin banyak jajanan yang mudah didapat dan menarik sekali di mata anak, sehingga seringkali membuat orang tua mungkin jadi kurang teliti sebelum memberikannya pada buah hatinya masing-masing.

Oleh karena itulah, Bunda dan Ayah sebaiknya dapat mendiskusikan hal tersebut sedini mungkin sebelum si kecil mengenal camilan atau jajanan. Dan membicarakannya pula pada keluarga lainnya, agar tidak memberikan 4 jenis jajanan di atas pada si kecil, khususnya yang masih berusia di bawah 5 tahun.

Baca Juga: 8 Camilan Enak Ini Aman Dikonsumsi Malam

Selain itu, ingatlah bahwa camilan yang dibuat sendiri di rumah akan selalu menjadi favorit si kecil, asalkan Bunda dan Ayah tidak mengenalkannya pada camilan maupun jajanan dari luar sebelum anak berusia 5 tahun atau lebih. Dengan demikian maka kesehatan dan tumbuh kembang si kecil pun akan selalu terjaga dan dalam kondisi terbaiknya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi