Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Ganti Camilan Si Kecil dengan 5 Camilan Penambah Imunitas Ini!

author
Ruth Sinambela
Rabu, 2 Februari 2022 | 10:59 WIB
Memilihkan Camilan Sehat untuk Si Kecil Akan Menjaganya dari Berbagai Serangan Penyakit | Shutterstock

Lagi musim Omicron begini, Bun, harus makin mawas diri dan keluarga, terutama si kecil. Jangan sampai lengah apalagi cuek karena sudah terlalu lama berhati-hati sepanjang pandemi ini, ya. Kanya doakan Bunda semua selalu diberi kesehatan dan semangat untuk mengurus si kecil dan keluarga di rumah.

Istirahat yang cukup, rutin berolahraga, berjemur di pagi hari, hingga mematuhi seluruh protokol kesehatan, dan tidak lupa asupan nutrisi seimbang, agar tubuh mampu menghasilkan energi juga daya tahan tubuh yang baik, harus terus dilakukan.

Baca Juga: Apa Benar Mengonsumsi Gula atau Makanan Manis Memicu Sugar Rush pada Anak?

Kali ini, khusus bagi si kecil yang doyan ngemil, atau makan makanan ringan di sela-sela waktu makan utamanya, Bunda bisa mengubah camilannya dengan yang lebih bernutrisi dan tentunya enak. Ditambah lagi, camilan sehat yang Kanya rekomendasikan berikut ini, telah terbukti dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan imunitas si kecil lho, Bun. Yuk, disimak!

Yoghurt

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi yoghurt memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan. Selain itu, bakteri baik yang dikandung yogurt dapat menyehatkan sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan sehat, maka otomatis daya tahan tubuh anak juga akan meningkat.

Pilihlah yoghurt rendah gula dan tidak menggunakan pewarna tambahan untuk diberikan pada si kecil ya, Bun.

Popcorn

Selain cocok sebagai camilan saat diet, ternyata popcorn juga direkomendasikan oleh banyak ahli sebagai camilan sehat untuk anak lho, Bun. Hal ini lantaran popcorn tinggi akan serat dari biji-bijian.

Namun, untuk mendapatkan manfaat optimalnya, sebaiknya Bunda memilih popcorn original yang tanpa pemanis, pewarna, maupun pengawet, ya. Untuk menambah rasa, Bunda dapat menambahkan sedikit minyak zaitun atau keju saat mengolahnya.

Belilah Popcorn Mentah yang Dapat Bunda Masak dengan Mudah di Rumah, Tanpa Pengawet, Pemanis, Maupun Pewarna | Shutterstock

Baca Juga: 5 Trik Mengenalkan Makanan Jenis Baru Pada Bayi

Keju rendah lemak

Ini merupakan salah satu camilan favorit anak, yang sangat simpel dan mudah didapat, Bun. Belilah keju rendah lemak, dan sajikan dengan memotongnya kecil-kecil. Si kecil pasti akan menghabiskannya dalam sekejap.

Ubi panggang

Bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh, ubi cocok dijadikan camilan si kecil, Bun. Agar lebih nikmat, Bunda dapat memotong ubi kecil-kecil, dan mengoleskannya dengan mentega, lalu dipanggang.

Mentega mengandung lemak yang memiliki efek anti-inflamasi, sehingga mampu meningkatkan daya tubuh si kecil juga seluruh keluarga.

Buah dan sayuran

Jangan lupakan buah dan sayuran juga ya, Bun. Buah dan sayur, dapat juga diolah sebagai camilan, lho. Bahkan mengolahnya cukup simpel.

Bunda tinggal menghaluskan buah-buahan favorit si kecil dan membekukannya di freezer, voila! Si kecil pasti suka dengan es buah asli buatan Bunda, yang menggantikan es krim atau es lain favoritnya.

Sangat Mudah Menyajikan Buah dan Sayur untuk Si Kecil, Buatlah Semenarik Mungkin | Shutterstock

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Dengan 7 Kombinasi Makanan Ini

Selain itu, cukup potong buah atau sayuran kecil-kecil, dan rajinlah menawarkannya pada si kecil. Lama-kelamaan ia pasti akan berhasil mengurangi, bahkan menghilangkan kebiasaannya ngemil keripik atau camilan tidak sehat lainnya, dan menikmati camilan buah-buahan yang Bunda sajikan.

Yuk, semangati diri lagi, untuk kembali berkreasi di dapur dan menyajikan semua yang terbaik bagi keluarga tercinta ya, Bun. Semangat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela