To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Tips Libur Sekolah Minim Gadget untuk Anak dan Orang Tua

author
Ruth Sinambela
Minggu, 2 Juli 2023 | 15:00 WIB
Apabila Bunda dan Ayah Membatasi Waktu Bermain Gadget pada Anak Maka Begitu Pula untuk Bunda dan Ayah harus ikut membatasi penggunaan gadget hanya untuk keperluan penting saja, ya! | Shutterstock

Liburan sekolah adalah momen yang tepat untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan, Bun. Sayangnya, seringkali penggunaan gadget yang berlebihan justru menjadi boomerang bagi Bunda dan si kecil saat memiliki banyak waktu luang libur sekolah.

Berikut beberapa tips untuk menghabiskan waktu bersama saat libur sekolah dengan penggunaan gadget yang minim!

Baca Juga: Seminggu Detoks Dari Gadget

Buat aturan yang jelas dan tegas

Langkah pertama untuk bisa menikmati liburan sekolah minim gadget adalah dengan menentukan waktu gadget-free atau waktu khusus yang bebas dari penggunaan gadget. Misalnya, tentukan beberapa jam di pagi hari atau malam hari sebagai waktu untuk tidak menggunakan gadget sama sekali. Gunakan waktu ini untuk berinteraksi dengan keluarga atau melakukan kegiatan offline lainnya yang lebih bermanfaat.

Sebaliknya Bunda juga bisa membuat aturan mengenai kapan waktunya penggunaan gadget diperbolehkan. Dengan demikian Bunda juga harus menyiapkan waktu dan tenaga untuk menemani anak-anak bermain dan melakukan aktivitas bersama!

Beraktivitas di luar ruangan di pagi hari yang cerah sangat baik untuk mengalihkan gadget dari anak | Shutterstock

Rencanakan kegiatan di luar ruangan 

Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk menikmati kegiatan di luar ruangan Bun, jangan hanya di rumah saja. Bukannya Bunda harus mengajak si kecil jalan-jalan ke tempat yang mahal. Merencanakan kegiatan seperti berolahraga, piknik, atau bermain di taman di dekat rumah pun sudah cukup, lho. 

Baca Juga: Waktu Screen Time Anak Menurut Anjuran WHO

Tentu beri juga aturan yang jelas bahwa siapa pun tidak boleh sibuk menggunakan gadget saat berkegiatan di luar rumah! Biasakan pula agar gadget hanya digunakan untuk mengabadikan momen saja.

Membaca buku bersama

Manfaatkan waktu liburan sekolah untuk meningkatkan minat membaca anak yuk, Bun. Bunda tentu setuju kalau kebiasaan membaca dapat mengembangkan imajinasi, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis. Untuk itu, Bunda bisa mengajak si kecil mencari buku-buku yang menarik, seperti novel, buku nonfiksi, atau buku panduan, sesuai minat si kecil. 

Selain membeli, Bunda bisa bergabung dan mengunjungi perpustakaan lokal untuk membaca dan meminjam buku. Dengan demikian si kecil bisa lebih sibuk membaca daripada bermain gadget.

Membaca buku sangat baik untuk mengalihkan perhatian anak dari bermain gadget | Shutterstock

Ajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah

Manfaatkan waktu liburan sekolah untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah, Bun. Misalnya dengan mengajak si kecil belajar memasak, merapikan kamar, mainan, atau buku-buku. Membersihkan rumah dengan menyapu, mengepel, dan mengelap. Pekerjaan rumah apa pun yang bisa mengalihkan perhatian dari gadget, tetapi juga memberikan kepuasan untuk si kecil!

Mengunjungi keluarga dekat

Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk menjalin hubungan dengan teman-teman dan keluarga. Manfaatkan waktu ini untuk mengatur playdate dengan teman sekolah atau kumpul bersama keluarga besar. Pastikan untuk tidak membawa gadget saat berkumpul, bicarakan pula hal ini dengan teman-teman dan keluarga besar agar bisa menerapkannya bersama-sama!

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Bermain Outdoor untuk Akhir Pekan di Rumah

Tips di atas tentu bisa mengurangi penggunaan gadget anak saat libur sekolah, Bun. Namun yang juga tak kalah penting adalah dukungan dari Bunda dan Ayah untuk bisa berkomitmen pula dengan ikut mengurangi penggunaan gadget saat sedang bersama-sama si kecil.

Namun jika Bunda maupun Ayah benar-benar harus menggunakan gadget selama liburan, cobalah mengurangi penggunaannya, batasi pula waktu dan tujuannya agar hanya digunakan saat benar-benar diperlukan saja ya, Bun! Tenang, nanti Bunda bisa scrolling lagi kalau si kecil sedang tidur, ya. Setuju?

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi