What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

5 Ide Kegiatan Bermain Outdoor untuk Akhir Pekan di Rumah

author
Ruth Sinambela
Jumat, 2 September 2022 | 15:00 WIB
Berkemah di halaman rumah | Shutterstock

Ingin menghabiskan akhir pekan bersama buah hati tercinta di rumah saja? Sedang cari-cari ide kegiatan outdoor yang seru dan menyenangkan namun bisa dilakukan di halaman rumah? 

Yuk, Bunda-bunda yang ingin memberikan pengalaman seru berakhir pekan di rumah untuk buah hati tercinta, tanpa harus mengajaknya ke tempat wisata apalagi ke mal, wajib coba berbagai kegiatan seru berikut ini, nih!

Baca Juga: Manfaat Bermain Gelembung untuk Perkembangan Motorik dan Kognitif Anak

Berkemah di teras atau halaman belakang rumah

Apabila Bunda memiliki halaman belakang yang luas, mendirikan kemah dan tidur di kemah bersama si kecil sepanjang malam, sambil menikmati barbeque dan memandangi langit yang cerah wajib dicoba. Namun, bagi Bunda yang hanya memiliki halaman kecil saja di depan rumah pun tetap bisa melakukannya, lho.

Meski hanya bermain di tenda sejak sore hingga malam hari, juga tetap tidur di dalam rumah saat waktunya, si kecil pasti tetap akan merasa gembira karena dapat bermain di dalam tenda mungil di teras rumah bersama Bunda dan Ayah.

Beberapa aktivitas yang dapat Bunda dan Ayah lakukan bersama-sama dengan si kecil, misalnya membaca buku dengan penerangan senter, atau bermain tebak bayangan!

Bermain keseimbangan dapat dilakukan dengan peralatan sederhana | Shutterstock

Bermain keseimbangan

Bunda hanya perlu menyiapkan kayu panjang yang cukup lebar untuk digunakan melangkah, Bun. Dengan meletakkannya di atas rumput atau di teras rumah, Bunda dapat menemani si kecil bermain keseimbangan seperti berjalan di atas balok titian. 

Permainan ini akan semakin menyenangkan apabila Bunda memberikan berbagai benda di tangan si kecil saat berjalan, atau meletakkan kayu lainnya di tengah-tengah kayu panjang tersebut, agar permainannya semakin sulit, menantang, dan juga seru.

Baca Juga: Rekomendasi Taman Bermain Outdoor Ramah Anak di Jakarta dan Sekitarnya

Ring toss game

Tidak sulit mencari permainan ring toss game ini, Bun. Permainan yang populer di Amerika Serikat ini, kini juga banyak dijual di berbagai platform belanja favorit Bunda dengan berbagai model dan warna yang dapat Bunda pilih, lho. 

Meski begitu, apabila memiliki waktu luang, sebenarnya Bunda dan Ayah juga bisa membuatnya sendiri menggunakan berbagai bahan yang bisa didapat di rumah, dengan mengikuti petunjuk pembuatannya lewat internet.

Cara memainkan permainan ini pun cukup seru, bahkan Bunda dan Ayah pasti akan tertarik untuk mencoba memainkannya. Karena termasuk permainan ketangkasan, Bunda dan Ayah juga pasti akan menyukainya!

Permainan ring toss game sangat seru apabila dilakukan bersama keluarga | Shutterstock

Bermain layang-layang

Apabila halaman rumah tidak cukup memadai untuk memainkan permainan layang-layang, maka Bunda dan Ayah dapat mengajak si kecil bermain di tanah lapang di sekitar rumah. Pilihlah waktu agak sore saat angin mulai banyak bertiup dan suhu juga sudah tidak terlalu terik atau panas.

Namun agar bermain layang-layang menjadi lebih seru, sebelumnya Bunda dan Ayah dapat mengajak si kecil untuk membuat layang-layangnya sendiri, atau melukis layang-layangnya sebebas dan sekreatif mungkin. Anak-anak tentu akan sangat menyukainya!

Piknik atau tea party

Putri kecil Bunda dan Ayah pasti akan sangat menyukai aktivitas ini. Buatlah suasana di teras atau halaman rumah senyaman dan se-”princess” mungkin, dengan balon warna-warni, tenda berbentuk kastil, meja dan kursi makan untuk jamuan teh, dan lain sebagainya, sekreatif Bunda, Ayah, juga si kecil tentunya.

Atau Bunda juga bisa menyiapkan piknik keluarga di taman atau halaman rumah, si kecil tentu akan gembira karena dapat bercanda, mengobrol dan tertawa bersama orang tuanya tanpa gangguan apa pun, termasuk gadget!

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Melibatkan anak untuk menyiapkan permainan yang akan dimainkan bersama Bunda dan Ayah saja, bagi mereka sudah sangat menyenangkan, ditambah lagi Bunda serta Ayah juga ikut bermain bersama-sama dengannya sepanjang hari, tentu akhir pekan kali ini akan menjadi salah satu akhir pekan terbaik yang tidak akan pernah dilupakannya hingga dewasa, Bun! Selamat mencoba.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi