Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Si Kecil Main Kotor-kotoran Baik untuk Imunitas?

author
Ruth Sinambela
Rabu, 24 Mei 2023 | 15:00 WIB
Main kotor-kotoran punya banyak manfaat untuk imunitas anak, Bun | Shutterstock

Tak perlu panik saat si kecil bermain dan tubuh maupun pakaiannya menjadi kotor, Bun. Karena sebenarnya bermain kotor-kotoran pun penting untuk mendukung tumbuh kembang anak, lho. 

Meskipun akan sangat mungkin Bunda menjadi lebih sibuk dari biasanya, juga lebih lelah dari seharusnya karena harus membereskan semua yang kotor-kotor tersebut. Namun tenang saja, karena manfaat yang bisa didapat si kecil pun akan sama bahkan lebih banyak berharganya!

Baca Juga: Pentingnya Aktivitas Bermain Sambil Belajar untuk Anak Usia Dini

Imunitas anak

Tahu nggak sih, kalau ternyata main kotor-kotoran punya banyak manfaat untuk imunitas anak? Bukan hoax, namun teori ini sudah dikonfirmasi oleh Dr. Mary Ruebush, seorang pakar dan ahli kesehatan yang secara khusus mempelajari dan menguasai ilmu imunologi, Bun.

Kok bisa, ya? Padahal kan biasanya bersih merupakan jalan untuk menjauhkan si kecil dari kuman penyebab penyakit? Lalu mengapa kebanyakan ahli justru setuju kalau bermain kotor-kotoran juga memiliki manfaat untuk kesehatan anak?

Ini dia alasannya:

  • Antibodi akan terbentuk saat tubuh si kecil terpapar kotoran. Hal inilah yang akan membuat sistem imunnya semakin kuat, Bunda.
  • Melansir penelitian dari jurnal Science Advance, bermain kotor-kotoran terbukti dapat meningkatkan keragaman bakteri baik di dalam tubuh anak.
  • Saat bermain kotor-kotoran di luar rumah, sebenarnya si kecil juga sedang melatih keterampilan sensorik maupun motoriknya, Bun. Jadi, nggak perlu dilarang.

Bermain kotor-kotoran akan membantu anak mengeluarkan serotonin di dalam otak yang akan membuat perasaan santai, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi rasa cemas. | Shutterstock

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Manfaat lainnya

Hebatnya lagi, bermain kotor-kotoran ternyata juga dapat mengembangkan kemampuan kognitif atau kecerdasan otak anak. Bahkan melansir dari Halodoc, bermain kotor-kotoran pada anak terbukti memberikan beberapa manfaat luar biasa ini:

  • Bersentuhan dengan kuman di awal kehidupan anak, termasuk kotoran hewan ternyata dapat mengurangi risiko gangguan jantung di usia dewasa.
  • Noda kotor seperti lumpur yang menempel di kulit ternyata mengandung bakteri yang bisa membantu menyembuhkan luka teriris dan tumit yang pecah-pecah.
  • Bermain kotor-kotoran akan membantu anak mengeluarkan serotonin di dalam otak yang akan membuat perasaan santai, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi rasa cemas.

Banyak juga manfaat dari bermain kotor-kotoran yang bisa didapat si kecil ya, Bun. Meski bermanfaat, Bunda tetap wajib memperhatikan keselamatan si kecil saat bermain, ya. Jangan sampai kebablasan dan malah membahayakan keselamatan juga kesehatan anak. 

Baca Juga: Playdough Tak Sengaja Tertelan Saat Bermain. Aman Nggak, ya?

Perhatikan pula waktu bermain agar Bunda yang menyiapkan dan harus merapikannya setelah selesai bermain pun, tak akan merasa kerepotan. Dengan demikian, anak dapat bereksplorasi dan menemukan keseruan juga pengalaman menarik di setiap aktivitasnya, namun kesehatan mental maupun fisik Bunda pun akan tetap terjaga.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi