What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Pentingnya Aktivitas Bermain Sambil Belajar untuk Anak Usia Dini

author
Ruth Sinambela
Selasa, 21 Maret 2023 | 15:00 WIB
Bermain Puzzle atau Tebak Kartu dapat Meningkatkan Daya Ingat Anak | Shutterstock

Pengulangan atau repetisi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan kognitif maupun motorik anak usia dini. Bermain sambil belajar merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk mendukungnya!

Penting untuk bisa memastikan kalau aktivitas bermain sambil belajar bagi anak usia dini selalu direpetisi setiap hari, tentunya dengan pendampingan dan dalam pengawasan Bunda atau Ayah. Tentunya, aktivitas yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan dan usia anak.

Aktivitas yang bagaimana sih, yang sebaiknya Bunda maupun Ayah berikan? Berikut ini beberapa inspirasi aktivitas bermain sambil belajar yang dapat dilakukan di rumah dan telah terbukti memberikan banyak sekali manfaat luar biasa bagi tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Playdough Tak Sengaja Tertelan Saat Bermain. Aman Nggak, ya?

Mengenal bentuk

Aktivitas ini dapat Bunda lakukan dengan menggunakan mainan balok kayu. Sambil bermain Bunda bisa mengajak si kecil untuk menyusun balok kemudian mengenalkannya pada berbagai bentuk, misalnya lingkaran, kotak, dan segitiga.

Bermain playdough mengasah daya imajinasi sekaligus bisa mengenalkan anak pada berbagai warnaanak | Shutterstock

Mengenal warna

Permainan apa pun yang Bunda mainkan bersama si kecil, dapat menjadi cara terbaik untuk mengenalkan warna pada anak. Misalnya dengan bermain bola warna-warni, atau bermain boneka. Apa pun warna yang dimiliki mainan yang disukai anak, Bunda bisa mengulang terus warnanya sambil menunjukkannya pada si kecil setiap hari.

Mengenal huruf dan angka

Apabila Bunda tidak memiliki permainan berbentuk angka atau huruf pun, Bunda tetap bisa menggunakan mainan lain untuk melakukannya, lho. Misalnya dengan mengajak si kecil berhitung 1-10 sambil menunjuk beberapa mainannya. Atau bisa juga dengan menyebutkan nama benda, misalnya “A-PEL” sambil menunjuk mainan buah apel, dan mengulanginya terus sampai si kecil dapat mengikuti ucapan Bunda dan mengingat nama benda tersebut.

Mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah

Untuk ini Bunda bisa menggunakan permainan puzzle sederhana dan mengajak si kecil untuk memainkannya. Tentu Bunda harus memilih jenis puzzle yang sesuai dengan usia anak, ya! Perlahan-lahan Bunda juga perlu membiarkan anak untuk bisa menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan Bunda maupun Ayah.

Baca Juga: Kok, Si Adik Cuma Mau Main Sendiri? Ternyata Begini 6 Fase Perkembangan Sosial Anak Dilihat dari Interaksinya Saat Bermain

Mengembangkan musikalitas

Ajaklah si kecil untuk bermain sambil bernyanyi. Gunakan pula permainan di sekitarnya sebagai peraga. Selain anak akan menyukainya, ia juga bisa mulai mengembangkan sense of music yang dimiliki sejak dini. Musikalitas sangat baik untuk mendukung kecerdasan anak lho, Bunda.

Biarkan si kecil berkreasi sebebas-bebasnya dengan bermain sambil belajar | Shutterstock

Melukis atau menggambar

Melukis atau menggambar sangat dianjurkan oleh para ahli, karena bisa menjadi dasar kemampuan menulis si kecil hingga mengembangkan kreativitas. Ajarilah si kecil untuk menggambar berbagai bentuk, namun biarkan juga ia menggambar sesuai keinginannya. Selain itu, Bunda juga perlu menilai bagaimana anak merespon kegiatan melukis, apakah sesuai dengan minatnya atau tidak.

Membaca dan mendengarkan cerita

Sangat disarankan karena terbukti meningkatkan kecerdasan bahasa juga kecerdasan kognitif anak, membaca secara rutin sebelum waktunya tidur sangat baik untuk si kecil, Bun!

Bermain teka-teki

Pilihlah teka-teki yang jenaka dan mudah, tentunya disesuaikan pula dengan usia anak. Dengan mengajak anak bermain teka-teki, bukan hanya mampu mengasah kemampuan anak menyelesaikan masalah dan berpikir kreatif. Bermain teka-teki juga bisa mendekatkan hubungan anak dengan orang tua.

Baca Juga: Manfaat Bermain Puzzle untuk Tumbuh Kembang Anak

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk kebaikan dan tumbuh kembang si kecil, Bun. Jangan lupa untuk melakukannya setiap hari dan lakukanlah dengan gembira agar si kecil tidak terpaksa menjalaninya dan selalu menanti-nantikannya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi