If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

7 Tips Mempersiapkan Si Kecil di Hari Pertama Sekolah

author
Ruth Sinambela
Senin, 10 Juli 2023 | 09:28 WIB
Mengantar dan menemani si kecil di hari pertama sekolah tentu boleh Bun, namun pastikan Bunda juga membuat batasan dengan si kecil, ya! | Shutterstock

Hari pertama sekolah merupakan salah satu momen yang penting dalam kehidupan anak. Momen yang seringkali penuh kegembiraan ini, seringkali juga bisa menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran baik bagi anak maupun orang tua. 

Karena itulah mendampingi anak di hari pertama sekolah adalah langkah penting yang sebaiknya direncanakan dengan matang, Bun. Dengan demikian diharapkan Bunda dan Ayah dapat mendukung serta membantu si kecil mengatasi kecemasan, menumbuhkan rasa percaya diri, juga hadir dan memenuhi kebahagiaan mereka di langkah awalnya dalam menempuh pendidikan formal.

Berikut 7 tips yang dapat membantu Bunda mendampingi si kecil di hari-hari pertama sekolah!

Baca Juga: Cegah BB Anak Naik Drastis saat Libur Sekolah

Dukungan emosional

Tunjukkan kepada si kecil kalau Bunda mendukungnya dan memahami perasaannya. Berikan dorongan positif, pujian, juga selalu hadir untuk mendengarkan ketika mereka berbagi kekhawatiran atau ketakutan. Yakinkan anak bahwa mereka akan baik-baik saja dan bahwa mereka akan memiliki pengalaman yang menyenangkan di sekolah, dengan bahasa yang hangat, sederhana, dan mudah dipahami.

Ajaklah anak untuk berpartisipasi dalam menyiapkan perlengkapan sekolahnya | Shutterstock

Ajak anak berpartisipasi dalam persiapan

Melibatkan si kecil dalam persiapan hari pertama sekolah dapat membantu mereka merasa lebih terlibat dan menikmati pengalaman tersebut. Dengan mengajak si kecil memilih perlengkapan sekolah, merapikan tas, dan menyiapkan pakaian, artinya Bunda telah mengajak anak berpartisipasi mempersiapkan hari pertamanya sekolah.

Siapkan kondisi fisik anak

Pastikan si kecil telah memenuhi kebutuhan fisiknya dengan mendapatkan tidur yang cukup pada malam sebelumnya serta sarapan yang sehat di pagi hari. Perhatikan pula pakaian dan perlengkapan sekolah mereka, agar anak merasa nyaman dan percaya diri.

Buat rutinitas pagi

Mempersiapkan rutinitas pagi yang teratur sejak sebelum hari pertama sekolah terbukti membantu mengurangi stres dan kebingungan di hari pertama sekolah lho, Bunda. Tetapkan jadwal bangun tidur, mandi, sarapan, dan waktu yang cukup untuk persiapan, maka si kecil pun akan lebih gembira menjalaninya!

Baca Juga: 6 Tips Mengajarkan Anak Usia Sekolah Menghadapi Rasa Sedih

Kenalkan pada lingkungan sekolah

Jika memungkinkan, kunjungilah sekolah bersama si kecil sebelum hari pertama masuk sekolah, Bun. Ajak anak berkeliling, berkenalan dengan guru-guru, dan jelaskan di mana kelas mereka berada. Hal ini dapat membantu anak merasa lebih familiar dengan lingkungan sekolah dan mengurangi kecemasan yang mungkin muncul.

Persiapkan fisik dan mental anak dengan sarapan bergizi, tidur yang cukup, serta dukungan dan pelukan dari Bunda! | Shutterstock

Beri tahu tentang kegiatan di sekolah

Ceritakan kepada anak tentang berbagai kegiatan menarik yang akan mereka lakukan di sekolah, seperti bermain dengan teman baru, belajar hal-hal baru, atau berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik untuk si kecil. Bunda juga bisa berbagi cerita positif tentang pengalaman Bunda saat bersekolah dahulu. Biasanya ini ampuh untuk meredakan kecemasan yang mungkin timbul.

Jaga suasana hati anak

Jagalah agar suasana hati si kecil selalu dalam kondisi mood yang baik. Begitu pula dengan Bunda dan Ayah, baiknya menemani hari-hari pertama anak di sekolah dengan perasaan bahagia dan jauh dari amarah. Buatlah agar hari pertama si kecil di sekolah menjadi hari yang spesial, Bun.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kotak Makan Murah dan Berkualitas untuk Bekal Si Kecil Sekolah

Mendampingi anak di hari pertama sekolah adalah momen yang penting dalam membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan baru. Ingatlah bahwa setiap anak unik, maka pendekatan dan langkah-langkah yang akan diambil pun sebaiknya sudah memperhatikan karakter dan kemampuan si kecil ya, Bunda. 

Dengan demikian anak pun akan merasa lebih aman, nyaman, dan lebih mudah menikmati hari-hari pertamanya di sekolah.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi