What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Penting! Ini Alasannya Si Kecil Wajib Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah

author
Ruth Sinambela
Selasa, 11 Juli 2023 | 09:47 WIB
Sarapan merupakan waktu yang baik untuk quality time dengan keluarga dan mempersiapkan anak siap belajar di sekolah | Shutterstock

Sarapan pagi merupakan salah satu waktu terpenting dalam rutinitas harian anak, khususnya sebelum berangkat sekolah, Bun. Kabar baiknya, kini semakin banyak orang tua yang menyadari kalau melewatkan sarapan merupakan sebuah kerugian karena dapat mempengaruhi kemampuan belajar anak di sekolah.

Bahkan para ahli setuju kalau sarapan memiliki manfaat yang penting bagi perkembangan dan kesehatan anak, khususnya saat belajar di sekolah. Mulai dari sumber energi dan nutrisi, membangun mood yang lebih stabil dan positif, hingga meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi. 

Baca Juga: 7 Tips Mempersiapkan Si Kecil di Hari Pertama Sekolah

Berikut manfaat rutin sarapan sebelum berangkat sekolah yang bisa didapat si kecil untuk menunjang pertumbuhan fisik, mental, dan kognitifnya!

Sumber energi

Setelah tidur semalaman, tubuh anak tentu membutuhkan asupan makanan untuk mengisi kembali energi yang terpakai. Sarapan yang seimbang dan bergizi memberikan sumber energi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas sepanjang hari di sekolah, Bun. Dengan sarapan, si kecil akan merasa lebih berenergi, segar, dan siap menghadapi tugas dan pelajaran di sekolah.

Persiapkan fisik dan mental anak dengan sarapan bergizi, tidur yang cukup, serta dukungan dan pelukan hangat | Shutterstock

Konsentrasi dan memori

Sarapan membantu meningkatkan fungsi kognitif anak, termasuk konsentrasi, memori, dan pemecahan masalah. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau sereal gandum terbukti mampu menjadi sumber energi bagi otak. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam gandum dan sereal akan membantu otak berfungsi dengan baik serta memungkinkan anak-anak untuk belajar dan berpartisipasi aktif di kelas.

Baca Juga: Rekomendasi Kegiatan “No-Screen” Sepulang Sekolah untuk Anak

Pertumbuhan dan perkembangan

Sarapan yang sehat sebaiknya mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Nutrisi inilah yang nantinya akan mendukung pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan fungsi sistem organ secara optimal, serta berpengaruh pada perkembangan fisik dan kognitif si kecil. Cobalah dengan memberikan roti gandum, susu full cream, dan buah pisang sebagai sarapan sehat untuk anak, Bun!

Si kecil akan bisa menjalani hari dengan optimal apabila di pagi hari mendapatkan sarapan fisik dan mental yang cukup dan berkualitas, Bun | Shutterstock

Membentuk kebiasaan makan yang baik

Kebiasaan sarapan yang teratur membantu anak membentuk pola makan yang sehat sejak dini. Dengan mengonsumsi makanan bergizi di pagi hari, anak-anak cenderung membuat pilihan makanan yang lebih baik di jam makan berikutnya. Ini membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya di masa depan.

Memperkuat ikatan keluarga

Sarapan bersama keluarga memberikan kesempatan untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama lho, Bunda. Hebatnya lagi kebiasaan baik ini juga akan memperkuat ikatan antara anak dan orang tua, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, serta mendukung prestasi akademik anak karena merasakan dukungan emosional juga kasih sayang yang Bunda dan Ayah berikan!

Baca Juga: 4 Model Belajar Anak, Si Kecil Termasuk yang Mana, Bun?

Dengan memahami pentingnya sarapan sebelum sekolah, orang tua diharapkan dapat memastikan asupan nutrisi yang cukup demi mendukung kesehatan serta prestasi anak di sekolah. Selain itu, pilihan sarapan yang berkualitas dan bernutrisi seimbang untuk dikonsumsi setiap hari juga sangat penting. Karena sarapan bukan hanya makanan pagi yang sederhana, tetapi investasi untuk kesehatan dan kecerdasan anak hingga kelak ia dewasa!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi