A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

7 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Enak untuk Si Kecil Serta Manfaatnya

author
Ruth Sinambela
Rabu, 12 Juli 2023 | 09:33 WIB
Pancake pisang dengan blueberry | Shutterstock

Menyediakan sarapan sehat dan enak merupakan tantangan yang tidak mudah bagi orang tua.

Sarapan sehat yang sepenuh hati Bunda maupun Ayah siapkan mungkin akan ditolak si kecil karena rasanya tidak pas di lidah. Meski demikian jangan menyerah ya, Bun. Walaupun harus mencari dan mencoba berbagai menu, biasakan si kecil untuk menikmati sarapan tinggi nutrisi setidaknya 3-4 kali seminggu. 

Berikut ini 7 rekomendasi sarapan sehat dengan rasa enak yang dapat Bunda coba!

Baca Juga: Penting! Ini Alasannya Si Kecil Wajib Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah

Pancake pisang dan blueberry

Buatlah pancake yang terbuat dari tepung gandum utuh atau bisa juga menggunakan campuran pisang dan oat, kemudian tambahkan blueberry di atasnya. Pancake merupakan sumber karbohidrat yang baik, tinggi serat dari gandum, serta kaya akan antioksidan dari pisang dan blueberry. Agar lebih enak, tambahkan madu alami sebagai pemanis, Bun.

Tidak sulit untuk membuat smoothie bowl sesuai selera si kecil, Bun | Shutterstock

Smoothie bowl

Buatlah smoothie dengan mencampurkan buah-buahan segar seperti pisang, mangga, dan stroberi, dengan yogurt rendah lemak. Tambahkan es batu dan blender hingga halus. Tuangkan ke dalam mangkuk dan hias dengan irisan buah, granola, atau kacang-kacangan favorit anak. Tampilannya yang cerah biasanya akan menarik untuk si kecil. Apabila sudah mencoba rasanya yang dingin, lembut, manis, dan segar, ia pasti akan menyukainya.

Sandwich telur dan sayuran

Rebus telur dan hancurkan dengan garpu. Sajikan dalam roti gandum dengan tambahan daun selada, irisan tomat, dan mentimun. Kaya kandungan protein dari telur, serat dari roti gandum, dan vitamin serta mineral dari sayuran segar, menu sandwich ini sangat baik untuk pertumbuhan fisik dan otak anak. Agar lebih enak dan sesuai selera, Bunda juga dapat menambahkan keju rendah lemak.

Toast with avocado | Shutterstock

Baca Juga: Sarapan Superfood, Yuk, Dengan Spinach Egg Muffin Ini

Telur dadar dengan keju

Buatlah telur dadar dengan menambahkan keju parut di dalamnya. Telur merupakan sumber protein yang baik, sedangkan keju memberikan lemak sehat dan kalsium. Sajikan telur dadar keju dengan roti gandum ya, Bunda.

Roti gandum dengan selai kacang dan potongan buah

Oleskan selai kacang pada roti gandum, lalu tambahkan potongan buah seperti pisang atau apel. Menu ini memang sangat sederhana namun mengenyangkan dan memberikan asupan serat dan energi untuk beraktivitas.

Roti panggang dengan alpukat

Hancurkan alpukat matang dan tambahkan sedikit garam dan merica, kemudian oleskan pada roti gandum yang sudah dipanggang. Surprisingly, menu sarapan ini rasanya segar dan enak lho, Bun. Selain itu juga kaya akan lemak sehat, serat, dan vitamin.

Pilihlah sereal gandum utuh untuk sarapan praktis, sehat, dan bermanfaat | Shutterstock

Sereal gandum utuh dengan susu 

Pilih sereal yang terbuat dari biji-bijian atau gandum utuh dan sebaiknya rendah gula. Sajikan dengan susu full cream atau susu rendah lemak dan tambahkan potongan buah-buahan segar. Dengan memilih jenis sereal yang tepat, sarapan yang sehat pun dapat disajikan dengan cepat dan praktis!

Baca Juga: Mengenal Ikan Shisamo, Ikan Goreng yang Sering Dimakan Cipung

Bagaimana Bunda, cukup mudah bukan? Meski butuh waktu untuk menyesuaikan kebiasaan baik ini di dalam keluarga, teruslah mencoba dan mengusahakannya, ya!

Yang juga tak kalah penting, jangan sampai lupa untuk memastikan si kecil mengonsumsi air putih sebagai bagian dari sarapan sehatnya setiap hari, Bun. Dengan demikian Bunda bisa tenang, karena si kecil telah mendapatkan nutrisi yang baik dan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitasnya di sekolah!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi