Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Mengapa Mandi Air Dingin Baik untuk Balita?

author
Ruth Sinambela
Rabu, 2 Agustus 2023 | 10:09 WIB
Jadikan mandi menyenangkan dan memberi banyak manfaat yuk, Bun | Shutterstock

Meskipun mandi merupakan aktivitas rutin yang penting dan bermanfaat untuk menjaga kebersihan tubuh. Namun sebenarnya mandi juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam lho, Bun. Terlebih apabila Bunda terbiasa menggunakan air dingin atau air bersuhu ruang untuk mandi. Mandi air dingin yang dimaksud bukannya mandi air es atau dingin sekali ya, Bun. Tapi air dengan suhu dingin yang wajar.

Begitu pula bagi anak-anak, khususnya yang masih balita, meskipun mungkin terdengar tidak nyaman bahkan dihindari bagi sebagian anak, mandi dengan air dingin sebenarnya memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan si kecil. Apa sajakah manfaat yang dimaksud?

Baca Juga: Rekomendasi Mainan untuk Menemani Si Kecil Mandi

Meningkatkan kekebalan tubuh

Mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil, Bun. Air dingin yang menyentuh kulit terbukti dapat merangsang produksi sel darah putih, yang berperan dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, mandi air dingin juga terbukti dapat memicu metabolisme limpa agar bekerja lebih optimal dalam memerangi bakteri.

Dengan menjadikan mandi dengan air dingin sebagai kebiasaan, si kecil tentu akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih mampu melawan penyakit.

Terbiasa mandi air dingin atau mandi dengan air bersuhu ruang yang wajar atau normal baik untuk anak, Bun | Shutterstock

Merangsang sirkulasi darah

Air dingin memiliki efek menenangkan pada sistem saraf anak. Ketika tubuh si kecil terkena air dingin maka pembuluh darah akan menyempit, dan ketika tubuh kembali ke suhu normal setelah mandi, pembuluh darah akan melebar kembali. Proses ini lah yang akan merangsang sirkulasi darah dan membantu mengoptimalkan fungsi organ tubuh. Sirkulasi yang baik dapat membantu mempercepat pemulihan penyakit juga menjaga tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Mandi Bersama Si Kecil, Bolehkah? Sampai Usia Berapa?

Meningkatkan mood 

Mandi dengan air dingin dapat memberikan efek yang menyegarkan bagi tubuh dan pikiran karena air dingin merangsang produksi hormon nor-adrenalin dan beta-endorfin yang membuat tubuh bayi lebih segar, meningkatkan mood, dan memberikan rasa bahagia. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat membantu meningkatkan energi dan menghilangkan rasa kantuk, Bun. Dengan demikian si kecil juga bisa lebih aktif dan bersemangat dalam memulai hari.

Meningkatkan kualitas tidur 

Tahukah Bunda kalau mandi dengan air dingin sebelum tidur dapat membantu balita mendapatkan tidur yang lebih berkualitas? Menurut para ahli, air dingin dapat menurunkan suhu tubuh secara bertahap, yang dapat memicu rasa kantuk dan membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan, yang sering menjadi penyebab gangguan tidur pada balita. Namun Bunda juga harus yakin dulu kalau si kecil tengah dalam kondisi fit, ya!

Namun penting bagi orang tua untuk memperhatikan suhu yang nyaman bagi masing-masing anak ya, Bun | Shutterstock

Tahan terhadap perubahan suhu

Mandi dengan air dingin dapat melatih tubuh anak untuk lebih tahan terhadap suhu dingin. Maka si kecil yang sudah terbiasa dengan air dingin akan memiliki tubuh yang lebih siap saat menghadapi perubahan suhu. Dengan demikian anak biasanya juga akan lebih tahan terhadap cuaca saat berlibur atau dalam perjalanan jauh.

Baca Juga: 8 Cara Membujuk Si Kecil Saat Mogok Mandi

Baik sekali kalau si kecil mau menjadikan mandi dengan air dingin sebagai rutinitas setiap hari dan terbiasa untuk melakukannya sejak dini. Namun perlu diperhatikan pula bahwa penting untuk orang tua agar selalu memperhatikan kondisi tubuh buah hatinya, juga menjaga dan memperhatikan gerak-gerik anak saat menunjukkan tanda ketidaknyamanan atau kedinginan. 

Dan jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter anak sebelum menerapkan mandi dengan air dingin, apabila si kecil memiliki kondisi kesehatan tertentu, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi