Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Sehat dan Seru! Pound Fit Bareng di Event Sportiverse

author
Claudia Tari Aplabatansa
Rabu, 13 September 2023 | 10:00 WIB
Pound fit bersama Sportiverse || Dokumentasi Kegiatan |

Bunda ingin melakukan olahraga yang seru dan menyenangkan? Saatnya mencoba pound fit, Bun! Olahraga kardio ini dilakukan bersama, cocok untuk perempuan maupun laki-laki (bisa ajak si Ayah, Bun!), dengan iringan musik, dan uniknya, menggunakan ripstix seperti sedang memukul drum. 

Pound fit semakin populer belakangan ini. Bunda bisa mengikutinya di berbagai klub kebugaran ataupun di acara-acara, seperti event Sportiverse yang diselenggarakan di Avenue of The Stars, Lippo Mall Kemang, Sabtu lalu (9/9) dan menghadirkan instruktur pound fit, Riana Bismarak.  Acara bertema “Pound Louder Together” ini berhasil meraih antusiasme 113 peserta pound fit, mulai dari  anak-anak, remaja, dewasa, bahkan ada beberapa yang lanjut usia.

Erin, salah satu peserta, mengaku sudah mengikuti latihan pound fit selama satu setengah tahun. “Aku memutuskan ikut pound fit akhir tahun 2021. Sebelumnya, sejak tahun 2015 aku sudah ikut  aerobik dan running untuk menjaga stamina. Awal ikut pound fit, menurut aku ini adalah olahraga paling menantang karena terlihat ekstrem. Tapi setelah aku sering ikut, ternyata lebih ringan dan gerakannya menarik banget,” ujarnya. 

Selain Erin, ada juga Michelle, seorang dancer yang baru pertama kali ikut pound fit. Awalnya ia penasaran dan akhirnya tertarik mencoba. “Karena basicnya aku dancer, jadi aku merasa ada kemiripan. Musiknya mendukung, interesting, sih, dan ini cardio banget. Squadnya kenceng banget tapi aku ketagihan ikut karena seru,” jelasnya penuh semangat. 

Baca juga: Naik-Turun Tangga Bisa Jadi Alternatif Pengganti Olahraga Lho, Bun!

Beberapa hal penting yang harus Bunda ketahui dalam latihan pound fit || Dokumentasi Kegiatan |

Tips dari Instruktur

Dalam event Sportiverse, peserta tidak hanya diajak melakukan olahraga pound fit bersama, namun juga mendapat tips-tips penting dari instruktur Riana. Berguna banget, lho, terutama bagi Bunda yang baru pertama kali melakukan pound fit. Berikut beberapa tipsnya:

1. Cara memegang ripstix bukan digenggam, melainkan seperti memegang remote TV (jempol berada di depan).

2. Posisi tubuh tidak boleh menungging (membungkuk dengan kepala ke bawah dan pantat terangkat ke atas).

3. Usahakan posisi kaki dibuka lebar dengan benar.

4. Jika posisi satu kaki di belakang, usahakan ditarik ke belakang dengan benar dan dada diangkat.

Baca juga: Aktif Bergerak Sama dengan Berolahraga? Yuk, Intip Apa Kata Ahli!

Manfaat Pound Fit

Pound fit sekilas memang mirip dengan aerobik, namun sebetulnya gerakannya banyak terinspirasi dari yoga dan pilates. Bagi Bunda yang menyukai olahraga seru dan tidak monoton, pound fit adalah alternatif yang bisa Bunda coba. Nah, inilah sederet manfaat pound fit yang perlu diketahui! 

1. Menurunkan berat badan

Saat melakukan pound fit, kita akan dibuat fokus untuk menjaga keselarasan gerak dan musik. Intensitas yang cepat juga bermanfaat agar kalori dan lemak berkurang setiap latihan sehingga membantu mempercepat turunnya berat badan. Olahraga ini sangat baik dilakukan untuk Bunda yang sedang menjalani program diet sehingga hasil yang didapat bisa lebih optimal.

2. Meningkatkan kesehatan dan konsentrasi

Ripstix yang digunakan untuk melakukan gerakan menabuh drum dapat menghasilkan ritme teratur apabila dilakukan dengan benar. Ritme ini dapat mengasah otak untuk tetap konsentrasi, meningkatkan daya pikir, dan kemampuan dalam membuat keputusan. 

3. Mengatasi stres dan depresi

Olahraga memang dapat membantu melepaskan endorphin dari dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan mood dan kebahagiaan, serta mengurangi stres dan depresi. Terutama pada jenis olahraga yang diiringi musik, seperti pound fit dan aerobik.

4. Meningkatkan imun tubuh

Gerakan kardio pada pound fit dengan intensitas sedang dapat meningkatkan antibodi tertentu di dalam tubuh (imunoglobulin), yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan alergen, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Baca juga: Ingin Melatih Ketangkasan, Fokus, dan Motorik Anak? Coba 3 Kegiatan Ini, Bun

Ada juga beberapa orang yang dianjurkan menghindari latihan ini || Dokumentasi Kegiatan |

Hindari Pound Fit Jika…

Meski banyak menawarkan manfaat yang menarik, sayangnya tidak semua orang boleh melakukan olahraga yang satu ini. Ada 3 kelompokn orang yang harus menghindari latihan ini, yaitu: 

1. Orang dengan masalah sendi

Ada beberapa masalah sendi yang melarang gerakan dengan intensitas sedang hingga berat. Namun ada juga beberapa masalah sendi yang justru bisa dilatih dengan beberapa gerakan pound fit. Jadi sebelum melakukannya diskusikan dengan dokter atau terapis sendi Anda. 

2. Orang dengan asma

Orang dengan asma dianjurkan berhati-hati melakukan pound fit karena perlu mengatur irama pernapasan dengan  stabil, apalagi gerakannya cukup cepat dan sangat mengandalkan pernapasan.

3. Orang dengan darah rendah (hipotensi)

Gerakan pound fit membutuhkan banyak oksigen, sehingga orang dengan hipotensi berisiko kewalahan, pusing, lemas, dan hilang kesadaran atau pingsan.

Nah, bagaimana Bun, setelah membaca artikel ini jadi tertarik mencoba pound fit? 

 

Penulis Claudia Tari Aplabatansa
Editor Ratih Sukma Pertiwi