Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Ingin Melatih Ketangkasan, Fokus, dan Motorik Anak? Coba 3 Kegiatan Ini, Bun

author
Ruth Sinambela
Selasa, 10 Januari 2023 | 12:25 WIB
Permainan kasti atau baseball dapat dilakukan bersama keluarga di akhir pekan | Shutterstock

Melatih ketangkasan anak memang dapat dilakukan sejak dini, Bun. Meski demikian sebaiknya pilihlah cara-cara yang fun dan aman untuk usia si kecil, ya. Sebagai contoh, ramainya permainan lato-lato sebagai salah satu permainan yang tengah populer sekarang ini, memang baik untuk melatih fokus, fungsi motorik, serta ketangkasan anak.

Meski demikian, Bunda dan Ayah tetap harus memberikan pengawasan yang ketat agar si kecil dapat bermain dengan gembira namun tetap aman. Beri juga pengertian pada anak agar tidak berlebihan saat memainkannya, selain juga demi keamanannya sendiri tentunya juga demi keamanan dan kenyamanan orang di sekitarnya.

Apalagi tak dapat dipungkiri, kini masyarakat mulai banyak yang mengeluhkan permainan ini. Selain karena dapat membahayakan, juga dapat mengganggu ketenangan apabila dimainkan tidak pada tempatnya.

Baca Juga: Lato-Lato, Permainan Tradisional yang Kembali Viral

Untuk itu lah mengapa penting sekali memilihkan permainan yang aman dan bermanfaat bagi si kecil. Berikut ini beberapa rekomendasi permainan juga aktivitas yang dapat Bunda pilihkan untuk melatih fungsi motorik, ketangkasan, juga fokusnya sedini mungkin.

Outbound

OUtbound memiliki banyak manfaat baik untuk tumbuh kembang anak, termasuk melatih ketangkasan | Shutterstock

 

Mengikut sertakan si kecil dalam aktivitas outbound akan sangat menyenangkan juga aman karena dilakukan di dalam pengawasan instruktur yang berpengalaman, Bun. Selain itu, anak juga akan banyak mengasah motorik dan fokus.

Outbound sendiri merupakan aktivitas fisik di alam terbuka yang bermanfaat untuk memperkaya wawasan dan pengalaman, terlebih untuk anak usia dini. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari aktivitas outbound antara lain membantu membentuk pola pikir yang kreatif, meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi, melatih anak dalam beradaptasi dan berinteraksi, juga tentunya melatih ketangkasan.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Bermain Outdoor untuk Akhir Pekan di Rumah

Olahraga

Olahraga bola basket cocok untuk melatih ketangkasan dan fokus anak | Shutterstock

Tentu Bunda dan Ayah setuju kalau olahraga, apa pun itu, merupakan kegiatan positif yang memiliki banyak sekali manfaat, khususnya bagi anak-anak. Baik itu dalam melatih kemampuan bersosialisasi, kebugaran, berkompetisi, juga ketangkasan!

Mulai dari badminton, tenis, kasti, baseball, senam lantai, olahraga yang menggunakan bola, seperti bola basket, sepakbola, hingga olahraga bela diri. Apapun jenisnya, olahraga selalu sangat baik untuk tumbuh kembang anak khususnya dalam hal meningkatkan ketangkasan si kecil, Bun. Sehingga sangat baik apabila Bunda bisa mengajak dan mendukung anak dalam hal menekuni satu bidang olahraga sedini mungkin, ya. 

Permainan yoyo

Permainan tradisional yoyo sangat baik untuk perkembangan otak anak lho, Bun | Shutterstock

 

Tahukah Bunda kalau permainan yoyo memiliki banyak manfaat baik untuk anak? Selain melatih ketangkasan, ternyata permainan yoyo juga dapat mengoptimalkan kemampuan otak kanan dan kiri anak, lho.

Selain itu, manfaat baik dari permainan yoyo lainnya antara lain melatih konsentrasi, meningkatkan kemampuan logika, melatih koordinasi tangan dan mata, juga baik untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Baca Juga: Bolehkan Anak Laki-laki Main Boneka? Apa Manfaatnya?

Aktivitas, olahraga, maupun permainan di atas akan memberikan banyak manfaat apabila si kecil dapat memainkannya dengan tekun namun juga bijaksana. Untuk itu, pendampingan dari Bunda menjadi  sangat dibutuhkan. Baik demi keselamatan dan kegembiraannya, juga tentunya orang-orang di sekitar. 

Dengan demikian diharapkan selain bermain sekaligus belajar, anak juga akan terlatih untuk berempati, Bun.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi