I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Tips Supaya Olahraga Makin Semangat!

author
Ruth Sinambela
Rabu, 18 Mei 2022 | 11:00 WIB
Berolahraga Akan Semakin Nyaman dengan Pilihan Pakaian Olahraga yang Tepat | Shutterstock

Gaya hidup sehat akhir-akhir ini tengah menjadi sebuah kebiasaan yang makin disadari manfaatnya oleh masyarakat, Bun. Khususnya bagi para Bunda, gaya hidup sehat salah satunya dengan berolahraga rutin, tengah menjadi sebuah gebrakan yang tentu wajib hukumnya untuk diteruskan, dan menjadi contoh yang baik terutama bagi buah hati di rumah.

Meskipun melakukan olahraga rutin bukanlah sebuah hal yang mudah, terutama ketika Bunda harus melakukannya dengan disiplin dan berkelanjutan. Banyaknya aktifitas sehari-hari yang sering kali menghalangi atau membuat kebiasaan baik ini harus ditunda hingga tak sempat dilakukan, membuat berolahraga, kini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi sebagian Bunda yang berniat untuk memulainya.

Baca Juga: Rekomendasi Pakaian Olahraga Muslimah untuk Bunda yang Berhijab

Tentu Bunda setuju kalau memulai kebiasaan untuk berolahraga rutin setiap hari bukanlah hal yang mudah. Terkadang memiliki niat saja tidaklah cukup ya, Bun. Perlu dorongan tambahan agar Bunda mau memulai dan mempertahankan ritmenya. Untuk itu, Kanya mau memberi tips sederhana nih, Bun. Agar niat Bunda untuk mulai berolahraga dapat segera terlaksana dan Bunda mampu mempertahankan rutinitas atau kebiasaan baik ini, untuk waktu yang lama!

Lambat namun mantap

Untuk mulai berolahraga, Bunda tak perlu melakukan atau memilih olahraga yang sulit atau berat. Sebaliknya, justru Bunda harus mulai dengan memilih olahraga yang ringan terlebih dahulu, Bun. Jangan sampai karena terburu-buru ingin melihat hasilnya, Bunda jadi terlalu memaksakan diri dan malah membahayakan diri sendiri.

Selain itu, sebuah hasil penelitian yang yang diterbitkan dalam Journal of Psychology of Sport and Exercise menjelaskan bahwa melakukan olahraga berat dan lama demi secepatnya menurunkan berat badan, dibandingkan dengan melakukan olahraga ringan yang lambat dan mantap, justru hasil lebih baik dihasilkan dari melakukan olahraga ringan yang lambat dan rutin, Bun!

Berolahraga bersama pasangan dapat meningkatkan mood, Bun! | SHUTTERSTOCK

Olahraga yang disukai

Jangan sampai Bunda memilih olahraga  yang sesuai dengan keinginan teman atau ikut-ikutan saja ya, Bun. Pada sebagian orang, memilih jenis olahraga juga sering dilihat dari populer tidaknya olahraga tersebut saat ini. 

Baca Juga: Olahraga yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Sisi baiknya adalah, Bunda jadi terbawa dan ikut mulai melakukan olahraga tersebut. Namun sisi negatifnya, Bunda nantinya bisa mudah bosan karena tidak menikmati atau menguasainya. Padahal, olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan rutin dan berkelanjutan, Bun.

Tujuan di dalam tujuan

Memotivasi diri sendiri atau mengubah pola pikir Bunda dalam berolahraga ternyata juga berpengaruh untuk kelanjutan Bunda menjalankan olahraga itu sendiri.

Cobalah pikirkan olahraga bukan sebagai tugas, namun sebagai cara untuk mencapai suatu tujuan di dalam tujuan lainnya, Bun. Misalnya begini, dengan berolahraga rutin Bunda bisa berjalan-jalan dan tidak mudah kelelahan. Atau, Bunda dapat menikmati makanan enak tanpa menjadi gemuk, dan lain sebagainya.

Mind-over-matter

Yaitu teknik membayangkan diri sendiri menikmati latihan atau olahraga sebelum mulai bergerak. Jadi Bunda seperti menanamkan di alam bawah sadar dengan terus-menerus meyakinkan diri, bahwa berolahraga sangat menyenangkan dan memberi kepuasan.

Pilihlah olahraga yang paling disukai Bunda | SHUTTERSTOCK

Fokus pada pencapaian kecil

Dengan mengejar pencapaian kecil, nantinya Bunda akan kaget sendiri lho, saat ternyata sudah banyak sekali pencapaian yang Bunda dapat. Jangan dulu memikirkan perut rata, otot six pack, dan lain sebagainya yang sulit-sulit, Bun. Cukup dengan target-target sederhana, seperti berlari nonstop 10 menit, kemudian 15 menit, dan seterusnya, akan memberi semangat positif bagi Bunda untuk terus menjalani kebiasaan baik ini.

Baca Juga: Perlukah Anak Berolahraga Setiap Hari?

Mempersiapkan diri

Boleh-boleh saja Bunda mempersiapkan keperluan olahraga baru, seperti baju, celana, maupun sepatu olahraga. Namun, mempersiapkan diri lebih penting lagi, Bun. Misalnya ketika Bunda sudah berniat untuk olahraga pagi esok hari, janganlah tidur terlalu malam. Mempersiapkan diri dengan beristirahat yang cukup sangatlah penting untuk menjaga mood di pagi hari atau ketika akan mulai berolahraga.

Yuk, dikumpulkan lagi niatnya dan mulai dijalankan ya, Bunda. Dan jangan lupa juga untuk mengajak seluruh keluarga di rumah!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela