When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Royal Wedding Brunei Pangeran Mateen dan Anisha: Prosesi 10 Hari Hingga Tiara Bertabur 838 Berlian

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 18 Januari 2024 | 14:25 WIB
Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Kalebic berlangsung megah. | Instagram @tmski

Kabar gembira di awal tahun, Bun! Sejak minggu lalu berita pernikahan antara Pangeran Abdul Mateen (32) dan Anisha Rosnah binti Adam (29) atau lebih dikenal sebagai Anisha Isa Kalebic menjadi ramai dibicarakan. Salah satunya karena prosesi Royal Wedding Brunei Darussalam ini yang berlangsung megah selama 10 hari, yaitu sejak Minggu, 7 Januari 2024 hingga Senin, 16 Januari 2024.

Yuk, Simak beragam fakta menarik seputar pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Kalebic!

1.Prosesi 10 Hari

Pernikahan keduanya sangat sarat tradisi dan disebut dengan Musim Istiadat Diraja atau musim pesta Kerajaan. Prosesi diawali dengan upacara Bersuruh pada Minggu, 7 Januari 2024 yang bertempat di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan.

Berikut ini susunan prosesi pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha:

1.7 Januari 2024: Majlis Istiadat Bersuruh Diraja

2.8 Januari 2024: Majlis Istiadat Pembukaan Gendang Jaga-Jaga

3.9 Januari 2024: Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja, serta Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja

4.10 Januari 2024: Majlis Istiadat Berbedak Pangantin Diraja (Royal Powdering Ceremony)

5.11 Januari 2024: Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja

6.14 Januari 2024: Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja

7.15 Januari 2024: Majlis Persantapan Diraja

8.16 Januari 2024: Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat dan Menutup Gendang Jaga-Jaga.

Baca juga: 5 Hal Menarik Jelang Prosesi Pernikahan Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

2.Anak ke-10 Sultan

Pangeran Mateen merupakan anak ke-10 dari pernikahan Sultan Brunei Darusalam, Hasanal Bolkiah dengan Mariam Abdul Aziz pada tahun 1982. Sultan dan Mariam dikaruniai 4 orang anak, salah satunya Pangeran Mateen.

Diketahui keduanya telah bercerai dan Mariam tinggal di luar istana. Namun Pangeran Mateen tetap berhubungan baik dengan ibundanya.

Pangeran Mateen juga diketahui sebagai pilot terlatih dan tentara berpangkat letnan dua yang diperolehnya saat menjalani pendidikan perwira di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris.

3.Cucu Penasihat Sultan

Banyak orang penasaran dengan sosok Anisha yang memiliki darah Kroasia dan Brunei. Ternyata Pangeran Mateen sudah mengenal Anisha sejak kecil. Itu karena Anisha tak lain adalah cucu dari salah satu penasihat Sultan, yaitu Penin Dato Awang Isa Awang Ibrahim, yang juga menjabat sebagai Menteri di Departemen Perdana Menteri Pemerintahan Brunei, Manteri atau golongan pembesar Kerajaan dengan gelar “Pehin Orang Kaya Laila Setia Bakti Diraja” serta pendiri Royal Brunei Airlines. Selain itu, kakak Anisha, Danial Deen Isa Kalebic, pun sahabat dari Pangeran Mateen.

Nggak heran sejak kecil Anisha sering terlibat dalam acara-acara keluarga kerajaan. Salah satu yang menarik perhatian adalah saat Anisha ikut menghadiri acara pernikahan kakak Pangeran Mateen, Putri Azemah Ni’matul Bolkiah, dengan Pangeran Bahar Ibni Jefri Bolkiah pada Januari 2023.

Anisha dilahirkan pada 6 November 1994 dan merupakan lulusan University of Bath, Inggris. Ia diketahi memiliki bisnis fashion, Silk Collective, serta bisnis travel, Authentinerary.

Pangeran Mateen dan Anisha sudah saling mengenal sejak kecil. | Instagram @tmski

Baca juga: Tiru 7 Beauty Hacks ala Kate Middleton

4.Sudah Lama Serius Menjalin Hubungan

Meski baru go public setelah mengumumkan pertunangannya pada Oktober 2023 lalu, Pangeran Mateen dan Anisha sudah beberapa tahun menjalin hubungan dan sama-sama berniat serius ke jenjang pernikahan.

Pengumuman pertunangan dikeluarkan resmi oleh Kerajaan Brunei Darussalam yang berbunyi, “Atas perintah Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Wadddaulah dari Brunei Darussalam, istana telah mengumumkan pernikahan Yang Mulia Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Isa Kalebic akan diadakan pada tanggal 7 hingga 16 Januari 2024.”

5.Mahar 1.000 Ringgit Brunei

Prosesi Ijab Kabul pada Kamis, 11 Januari 2024 yang bertempat di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei Darussalam berjalan lancar. Pangeran Abdul Mateen meminang Anisha dengan mahar 1.000 Ringgit Brunei tunai. Jika dinilai dalam Rupiah mahar tersebut bernilai sekitar Rp11,7 juta, Bun.

Setelah prosesi Ijab Kabul selesai, pihak Istana Brunei Darussalam menembakkan 17 meriam sebagai symbol Pangeran Mateen telah resmi menikah. Anisha yang sebelumnya bergelar Dayang pun kini resmi menjadi Pengiran Anak Isteri Anisha Rosnah binti Adam.

6.Resepsi Megah dan Seserahan Mewah

Meski banyak kalangan berpendapat mahar Pangeran Mateen kepada Anisha biasa-biasa saja, namun seserahan atau hadiah untuk pengatin wanita cukup fantastis, diantaranya satu nampan berisi barang-barang berharga, seperti surat mahar, pakaian, dan perhiasan.

Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja atau acara resepsi yang digelar pada Minggu, 14 Januari 2024 di Istana Nurul Iman pun berlangsung megah. Pesta tersebut dihadiri sekitar 5000 tamu, termasuk Presiden RI Joko Widodo, Raja dan Ratu Kerajaan Bhutan, Perdana Menteri Singapura beserta istri, dan keluarga Kerajaan Arab Saudi dan Yordania.

Setelah acara resepsi Pangeran Mateen dan Anisha diarak keliling kota Bandar Seri Begawan menggunakan mobil Rolls Royce beratap terbuka.

Rangkaian perhiasan berlian yang digunakan Anisha disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di d | Instagram @support.anishaik

7.Tiara Bertabur Berlian

Yang sangat mencuri perhatian adalah penampilan Anisha yang sangat cantik dan elegan saat acara resepsi. Ia menggunakan gaun pengantin berwarna putih berpotongan A-line nan simpel yang dilengkapi penutup kepala, namun terlihat menonjol dipadu rangkaian perhiasan berukuran besar, tiara indah bernuansa klasik kontemporer, dan bouquet bertahta berlian. Sementara Pangeran Mateen tampak gagah menggunakan seragam militer.

Tiara indah tersebut ternyata sebelumnya telah dipakai oleh kakak ipar Anisha, yaitu Putri Azemah Ni’matul Bolkiah, saat menikah pada Januari 2023. Tiara mewah bertahkta berlian itu dibuat oleh Flower Diamond, sebuah produsen perhiasan mewah asal Singapura.

Tahukah Bunda, ternyata Flower Diamond membutuhkan waktu sekitar delapan bulan untuk membuat tiara tersebut? Hal ini dikarenakan pihak keluarga Kerajaan Brunei Darussalam menginginkan desain yang unik menggunakan berlian terbaik. Tiara tersebut tersusun dari 838 berlian dalam berbagai potongan yang cantik berkilauan. Ratusan berlian tersebut berjumlah sekitar 132 karat.

Kisah tiara mewah tak berhenti di situ, Bun. Keesokan harinya, saat pengantin menggelar acara Majlis Persantapan Diraja, Anisha menggunakan tiara berbeda yang tak kalah mewahnya. Kali ini tiara tersebut dipinjam dari kakak ipar lainnya, yaitu Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah, yang dipakai dalam pernikahannya, Januari 2022.

Untuk busana Majlis Persantapan, Anisha tampil sedikit lebih glamor dengan gaun keabuan bertabur manik, kristal, dan bordir.

Indahnya untaian permata berlian membuat penampilan sang pengantin semakin bersinar. | Instagram @support.anishaik

8.Bukan Calon Utama Pengganti Sultan

Pangeran Mateen cukup populer di Brunei maupun dunia karena kecerdasan dan ketampanannya. Selain itu Pangeran Mateen disebut-sebut sebagai kesayangan Sultan karena sering terlihat mendampingi sang ayah di acara-acara resmi kenegaraan di berbagai negara.

Namun ternyata, putra keempat sekaligus anak ke-10 Sultan ini bukan calon pemimpin Kerajaan Brunei Darussalam selanjutnya. Hal ini dikarenakan sang pangeran berada di urutan kelima sebagai penerus takhta Kerajaan.

Adalah anak ketiga sekaligus putra pertama Sultan, Putra Makhota Pangeran Al-Muhtadee Billah, yang akan memdapatkan gelar Sultan Kerajaan Brunei Darussalam menggantikan Sultan Hassanal Bolkiah.

Seperti apa urutan suksesi atau penerus takhta Kerajaan Brunei Darussalam?

1.Putra Makhota Pangeran Al-Muhtadee Billah, putra pertama Sultan Hassanal Bolkiah dari istri pertama.

2.Pangeran Abdul Muntaqim, anak laki-laki pertama Putra Mahkota Pangeran Al-Muhtadee Billah.

3.Pangeran Muhammad Aiman, anak laki-laki kedua Putra Mahkota Pangeran Al-Muhtadee Billah.

4.Pangeran Abdul Malik, anak laki-laki kedua Sultan Hassanal Bolkiah dari istri pertama.

5.Pangeran Abdul Mateen, anak laki-laki Sultan Hassanal Bolkiah dari istri kedua.

 

Selamat untuk Pangeran Mateen dan Pengiran Anak Isteri Anisha Rosnah binti Adam! Semoga samawa…

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5506123/kisah-tiara-berlian-anisha-rosnah-pengantin-wanita-pangeran-abdul-mateen-dipinjam-dari-kakak-ipar

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240115084304-33-505574/pangeran-mateen-tak-bisa-jadi-sultan-brunei-ini-alasannya

Instagram @tmski

https://www.instagram.com/p/C2Lu-WDB_Sg/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi