There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

5 Hal Menarik Jelang Prosesi Pernikahan Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

author
Ruth Sinambela
Selasa, 6 Desember 2022 | 10:00 WIB
Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar Sabtu-Minggu (10-11/12/2022) | Instagram @kaesangp

Lima hari menjelang pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, yang akan diselenggarakan di Yogyakarta dan Solo, pada Sabtu (10/12/2022) hingga Minggu (11/12/2022) semakin menarik perhatian masyarakat.

Berbagai persiapan jelang pernikahan, mulai dari pingitan hingga pemasangan CCTV di rumah calon mempelai wanita pun sukses menjadi bahan pembicaraan. Bagaimana tidak, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono merupakan salah satu pasangan yang memiliki banyak pengikut di media sosial, Bun. 

Baca Juga: Mengenal Erina Gudono, Calon Istri Putra Bungsu Presiden

Sebagai putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep juga lebih populer di hadapan publik, khususnya anak-anak muda, apabila dibandingkan dengan kedua saudaranya. Ditambah lagi calon istrinya, Erina Gudono, merupakan finalis Putri Indonesia 2022 perwakilan Yogyakarta dengan segudang prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Sehingga tak heran pernikahan ini menjadi salah satu pernikahan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat.

Apabila Bunda menjadi salah satu yang menantikan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, berikut ini beberapa update menarik seputar persiapan pernikahan kedua sejoli ini khusus untuk Bunda.

Erina Gudono, calon mantu Pak Jokowi, cantik, cerdas, dan berprestasi | Instagram @erinagudono

Jalani pingitan

Meski menjalani pingitan, keduanya, baik Kaesang maupun Erina tetap bisa menjalani aktivitas sehari-harinya, Bun. Hanya saja keduanya akan selalu dalam pantauan atau didampingi pihak keluarga. Sehingga tradisi pingitan yang dijalani pun tak seketat tradisi pingitan zaman dahulu.

Akad nikah eksklusif

Hanya menyebar 300 undangan untuk akad nikah, Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, bukannya di Ballroom seperti yang disangkakan sebagian kalangan. Hal ini lantaran tamu yang akan datang pun sangat terbatas, yaitu tidak lebih dari 300 tamu undangan. Sehingga akad nikah nantinya akan sangat eksklusif. Sedangkan resepsi sendiri akan diadakan di Pura Mangkunegaran, Solo, dengan total 6000 undangan.

Baca Juga: Indah, Private, dan Hangat, Pernikahan Maudy Ayunda Digelar di Kediamannya

Belasan CCTV dipasang di sekitar rumah calon mempelai wanita

Jelang pengajian, siraman, hingga midodareni, diketahui belasan CCTV atau kamera pengawas telah dipasang di sekitar rumah Erina Gudono, Bun. Melansir dari Merdeka.com, ketua RT setempat telah membenarkan perihal tersebut dan menyebutkan kalau CCTV dipasang pada kurang lebih 13 titik, di sisi barat dan utara rumah tersebut.

Foto Prewed Erina dan Kaesang | Instagram @erinagudono

Presiden Jokowi meminta maaf

Dalam beberapa kesempatan Presiden Jokowi menyampaikan kalau persiapan pernikahan putra bungsunya telah rampung. Ia juga kerap meminta doa restu dari masyarakat serta meminta maaf apabila nantinya dalam prosesi pernikahan putranya tersebut mungkin akan membuat jalan atau daerah di sekitar lokasi pernikahan menjadi terganggu dan macet.

Selain itu seperti dilansir dari pop.grid.id, sebanyak 2188 aparat kepolisian akan diturunkan saat berlangsungnya acara untuk mengamankan berbagai lokasi, Bun. Hal ini juga untuk mengantisipasi tingginya antusias masyarakat untuk menyaksikan perhelatan orang nomor satu di Indonesia ini.

Prosesi Ngunduh mantu bertemakan Mataram Islam 

Ngunduh mantu sendiri akan diadakan di rumah dinas Walikota Solo yang juga merupakan putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, Loji Gandrung di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261. Sedangkan tema Mataram Islam sendiri dipilih atas dasar cikal bakal Keraton Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Dimana Keraton Surakarta merupakan asal Kaesang, dan Kasultanan Yogyakarta merujuk asal Erina.

Baca Juga: Membangun Komunikasi Interpersonal dalam Pernikahan

Kita doakan semoga prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dapat berjalan dengan lancar hingga selesainya rangkaian acara ya, Bun. Juga agar kedua calon mempelai dan seluruh keluarga besar diberi kesehatan dan kebahagiaan. Amin.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi