To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Mengenal Erina Gudono, Calon Istri Putra Bungsu Presiden

author
Ruth Sinambela
Selasa, 8 November 2022 | 10:58 WIB
Erina Gudono, cantik, cerdas, dan berprestasi | Instagram @erinagudono

Erina Gudono, mantan finalis Putri Indonesia 2022 perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta, kini sedang banyak diperbincangkan. Disebut-sebut akan segera melangsungkan pernikahan dengan anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, bulan Desember yang akan datang. Erina Sofia Gudono, demikian nama lengkapnya, semakin sering terlihat tampil berdua bersama Kaesang, calon suaminya. 

Siapa sih, sebenarnya Erina Gudono? Yuk, mengenal lebih jauh sosok cantik, cerdas, dan berprestasi asal Yogyakarta ini, Bun!

Baca Juga: Indah, Private, dan Hangat, Pernikahan Maudy Ayunda Digelar di Kediamannya

Anak ketiga dari 4 bersaudara

Erina Sofia Gudono merupakan anak ketiga dari 4 bersaudara. Lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat, pada tanggal 11 Desember 1996. Erina memiliki 1 kakak laki-laki, 1 kakak perempuan, serta 1 adik perempuan. Erina dan ketiga saudaranya dibesarkan oleh sang mama yang merupakan single mother.

Foto Prewed Erina dan Kaesang | Instagram @erinagudono

Ayahandanya telah meninggal dunia 6 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2016. Meski demikian Erina seringkali mengunggah foto maupun kisah hebat sang ayah yang masih sering dirindukannya itu.

Ayah Erina, Almarhum Prof. Dr. Gudono, MBA, semasa hidupnya merupakan profesor dan dosen di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Profesor Gudono adalah dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Departemen Akuntansi. Selain menjadi dosen, Beliau juga merupakan Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM.

Baca Juga: Membangun Komunikasi Interpersonal dalam Pernikahan

Menempuh pendidikan tinggi di UGM

Menempuh pendidikan tingginya di Manajemen Keuangan Universitas Gadjah Mada, Erina kemudian mengambil gelar S2 di Columbia University untuk studi Master of Public Administration.

Selain itu ia juga pernah mengambil kursus pendek musim panas di The Chinese University of Hong Kong dalam bidang Bisnis dan Manajemen Ekonomi, serta mengikuti program pertukaran pelajar ke Showa Women's University of Japan.

Erina Gudono kala mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pemilihan Putri Indonesia 2022 |

Cerdas sudah pasti, Erina juga banyak mengukir prestasi baik di bidang akademik maupun sosial. Sebut saja kiprahnya yang pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Harvard World Model United Nation, juara 1 Business Project Competition di Tokyo, juara 1 AIESEC Social Initiative Competition, juara 1 National Business Plan Competition, dan peraih Most Social Spirited Scholar dari UGM FEB Award.

Ditambah lagi ia juga menggeluti bidang sosial dan aktif dalam berbagai kegiatan, seperti menjadi relawan organisasi Kisah Kasih yang membantu usaha mikro kecil dan menengah selama pandemi Covid-19, hingga menjadi koordinator dalam kegiatan sosial Save Street Children Indonesia.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Pernikahan yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Cukup membanggakan ya, Bun. Kita doakan semoga kelak Erina juga dapat menyumbangkan kemampuannya untuk kemajuan Indonesia di masa depan, ya. Selain itu semoga proses menuju pernikahan dapat berjalan lancar dan baik. Tentunya kedua keluarga besar, khususnya calon mempelai, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep, selalu sehat dan berbahagia!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi