To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

5 Fakta Menarik Seputar Pernikahan yang Mungkin Belum Kamu Tahu

author
Ruth Sinambela
Senin, 11 Oktober 2021 | 16:02 WIB
Fakta seputar pernikahan | Shutterstock

 

Bunda tim yang mana? Mau pernikahan sederhana yang intim dengan hanya melibatkan sedikit undangan, atau tipe yang menyukai kemewahan dengan sekian banyak detail di sana-sini? Keduanya sah-sah aja, kok!

Tapi sudah tahu kan, Bun… Kalau pernikahan itu ya buka hanya tentang satu hari dimana upacara dan pesta syukuran diselenggarakan. Lebih dari itu, pernikahan adalah momen dimana dua orang dan dua keluarga menyatu karena alasan cinta. Ciye…

Ngomong-ngomong, ternyata ada banyak fakta seputar pernikahan dari berbagai penjuru dunia yang unik dan mungkin belum pernah Bunda dengar sebelumnya, lho. Ini dia beberapa diantaranya.

Baca juga: Ketahui Apa Bahasa Cinta Bunda dan Ayah, Supaya Pernikahan Makin Bahagia

 

Fakta menarik seputar pernikahan | Shutterstock

1. Di Amerika Serikat, melakukan pemeriksaan fisik/Kesehatan sebelum menikah itu bukan suatu kewajiban, tapi jika seseorang mengidap penyakit tertentu yang berhubungan dengan organ reproduksi atau kesuburan dan tidak memberitahu kepada pasangannya sebelum kewajiban, pernikahan yang telah berlangsung dan sah sekalipun dapat bisa dibatalkan.

2. Masih dari negara Paman Sam. Tahukah Bunda kalau Las Vegas tercatat jadi lokasi dengan pernikahan terbanyak setiap tahunnya? Yakni mencapai angka 100,000 pernikahan. Urutan kedua ditempati oleh Hawaii dengan 25,000 pernikahan dalam setahun. Hmmm, kayanya memang 2 lokasi ini jadi tempat favorit banyak orang untuk melangsungkan pernikahan ya!

3. Pernah dengar kalimat “Something old, something new, something borrowed, something blue, and a silver sixpence in her shoe” sebagai sesuatu yang wajib dalam pernikahan ala barat? Kalimat ini tentu saja ada maknanya. Sesuatu yang lama adalah simbol kesinambungan dalam hidup pernikahan, sesuatu yang baru simbol harapan baru untuk masa depan, sesuatu yang dipinjam adalah bentuk harapan dapat kehidupan pernikahan yang sama bahagianya dengan orang yang dipinjami, sesuatu yang biru adalah lambang kesetiaan, sedangkan silver sixpence in her shoe yang berarti uang koin di sepatu, melambangkan kekayaan dan keberuntungan.

Baca juga: Wedding Anniversary Perlu Dirayakan Meski Tidak Besar-besaran. Ini Alasannya!

 

Bunga tangan mempelai wanita | Shutterstock

4. Jauh sebelum buket bunga jadi salah satu hal wajib bagi mempelai wanita, pengantin Romawi membawa seikat tumbuhan sejenis bawang putih dan rosemary sebagai lambang kesetiaan dan kesuburan sekaligus untuk menangkal hal-hal jahat yang kerap dipercaya dapat mengganggu mempelai wanita menuju hari pernikahannya.

5. Tahukah Bunda kenapa cincin kawin dipakai di jari manis tangan kiri? Jawabannya karena pada jaman Mesir kuno, orang percaya bahwa ada pembuluh darah di jari manis tangan kiri yang langsung terhubung dengan jantung manusia. Orang Romawi kemudian menyebutnya dengan nama “vein of love”.

 

Itu dia 5 fakta seputar pernikahan yang menarik untuk diketahui. Meski memang bukan sepenuhnya berasal dari Indonesia, mengetahui fakta-fakta ini bisa jadi tambahan informasi menarik untuk Bunda.

Baca juga: Rayakan 20 Tahun Pernikahan, Ini Tips Tetap Harmonis Ala David and Victoria Beckham

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela