The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

6 Perlengkapan Bayi yang Bisa Di-skip Untuk Berhemat

author
Isna Triyono
Senin, 18 Maret 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Ibu hamil sering kalap saat belanja untuk keperluan bayi.

Padahal enggak semua barang yang dibeli itu kelak akan terpakai. Beberapa mungkin hanya dipakai 1-2 kali aja atau bahkan sebenarnya kamu bisa pakai barang yang sudah ada di rumah.

Sebelum menyesal, ini list barang untuk bayi yang bisa kamu skip untuk berhemat.

Baca juga: 4 Tips Memilih Dokter Anak

1. Penghangat Botol

Mungkin kamu berpikir menghangatkan ASIP lebih praktis menggunakan penghangat botol. Tapi coba kalau kamu sedang bepergian, apakah penghangat botol bisa dibawa dengan bentuknya yang agak besar dan membutuhkan aliran listrik?

Kamu bisa menghangatkan ASIP dengan merebus air dalam panci dan mencampurnya dengan air dingin untuk digunakan sebagai rendaman.

2. Ayunan

Ayunan memang bisa membantu bayi lebih cepat tertidur. Tapi ayunan enggak praktis untuk dipindahkan ke ruangan-ruangan lain, dimana kamu bisa menjaganya sambil masak atau mencucui. Daripada ayunan, lebih pas membeli bouncher.

Kamu bisa memindahakan bouncher dan meletakkan bayi di sana sambil tetap diawasi selama kamu masak di dapur.

SHUTTERSTOCK |

3. Sepatu

Memakaikan sepatu ketika bayi diajak bepergian memang akan terlihat lucu dan menggemaskan. Tetapi itu enggak akan dipakai lama. Bayi akan cepat besar dan ukuran kakinya pun semakin besar.

Saat ini sudah banyak kok dijual kaos kaki bayi dengan modek dan motif yang enggak kalah lucu. Bayi juga lebih nyaman mengenakan kaos kaki dibanding sepatu.

Baca juga: 5 Tips Membantu Bayi Belajar Berjalan

4. Rak Botol

Rak botol bukan jadi barang yang wajib dibeli untuk bayi. Untuk mengeringkan botol, kamu cukup letakkan dengan posisi terbalik dan membiarkannya hingga kering.

SHUTTERSTOCK |

5. Meja Ganti Popok

Fungsi meja ganti popok bisa diganti dengan benda-benda lain yang sudah ada di dalam rumahmu. Misalnya tempat tidur, sofa, atau playmate. Membeli meja ganti popok sebenarnya hanya pemborosan.

6. Baby Food Maker

Membuat sendiri makanan bayi selain lebih sehat juga lebih murah. Tapi terkadang, hal ini malah tertutup dengan harga yang mahal dari food maker khusus bayi.

Kamu masih bisa membuat makanan bayi yang sehat menggunakan panci, blender, atau saringan di rumah dan enggak kalah lezatnya.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono