We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Ajak Bayi Liburan ke Pantai, Ini 7 Tipsnya

author
Isna Triyono
Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:23 WIB
SHUTTERSTOCK |

Liburan ke pantai memang mengasyikkan. Apalagi jika berlibur ke pantai bersama keluarga. Tapi jika anak kita masih bayi, apakah bisa diajak ke pantai? Amankah bermain di pantai bagi bayi?

Asal persiapan dan perbekalan cukup, kamu bisa, kok, mengajak bayi untuk berlibur ke pantai. Berikut ini hal yang perlu kamu siapkan sebelum mengajak bayi bermain air laut dan pasir di pantai.

1. Pilih pantai yang aman dan bersih

Pantai yang aman maksudnya tidak berombak besar dan cenderung tenang. Dengan begitu, kamu enggak perlu khawatir jika bayi diajak bermain di bibir pantai. Selain itu, pilih juga pantai yang bersih dan berpasir lembut demi kenyamanan bayi saat bermain di pantai.

2. Air minum yang cukup

Selain ASI, bayi di atas 6 bulan juga harus sering-sering diberi minum air putih. Karena cuaca yang panas di pantai membuat bayi cepat dehidrasi.

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

3. Alat pelindung

Pakaikan bayi alat pelindung seperti topi, payung, dan kacamata khusus agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung yang berbahaya bagi kulit bayi yang masih sensitif. Kalau perlu, kamu juga bisa memakaikan sunblock khusus bayi di seluruh permukaan kulitnya.

4. Tikar dan selimut

Dua alat ini wajib dibawa saat mengajak bayi liburan ke pantai. Karena jika bayi sudah lelah bermain pasir, kamu bisa menidurkannya di tikar dan diselimuti untuk menghalau angin laut.

5. Baju tertutup

Memakai baju sedikit terbuka saat liburan di pantai memang sah-saha saja tetapi itu tidak berlaku bagi bayi, ya. Usahakan baju renang bayi tidak terlalu terbuka. Jika bayi hanya bermain di pinggir pantai, tetap pakaikan baju lengan panjang dan celana.

Baca Juga: 7 Barang Wajib Bawa Saat Naik Pesawat Bersama Anak

6. Sepatu atau kaus kaki

Agak aneh memang memakai sepatu dan kaus kaki saat bermain di pantai. Tapi bagi bayi, hal itu lumrah saja karena telapak kaki bayi belum cukup keras untuk merasakan tektur benda-benda yang biasa ditemui di sekitar pantai, seperti cangkang kerang, pecahan kulit keong, atau kerikil.

7. Biarkan si Kecil menjelajah


Tujuan bayi diajak bermain di pantai salah satunya agar ia bisa merasakan pengalaman berbeda berada di luar ruangan. Biarkan bayi mengeksplore lingkungan di sekitar, seperti merasakan tekstur pasir, terkena ombak, atau diterpa angin laut.

Jika semua perlengkapan sudah komplet, kamu siap mengajak bayi liburan ke pantai.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono