Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Ingin Anak Tumbuh Lebih Tinggi? Beri 9 Makanan Ini

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 30 Oktober 2018 | 11:39 WIB
| SHUTTERSTOCK

Masalah tinggi badan anak memang tidak semata-mata dari keturunan. Gizi berimbang turut memengaruhi pertumbuhan anak. Setidaknya, ada 9 jenis makanan yang bisa diberikan agar anak tumbuh lebih tinggi.

Pertumbuhan tinggi badan anak yang kurang maksimal (stunting) masih menjadi masalah besar di Indonesia. Bayangkan, ada 37% anak di bawah usia 5 tahun, yaitu sebanyak 9 juta anak, menderita stunting. Penyebabnya antara lain, kekurangan gizi dan kurang aktivitas fisik.

Jika diabaikan stunting bisa menurunkan imunitas, memicu penyakit berat, menghambat perkembangan kognitif anak, serta meningkatkan risiko kerusakan otak.

Nah, sebagai orang tua kamu tentu ingin anak tumbuh lebih tinggi. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah memberikan menu makanan yang mendukung pertumbuhan anak.

Seperti dilansir dari stylecraze.com, 9 makanan berikut ini yang bisa membuat anak tumbuh lebih tinggi. Apa saja?

1.Telur

Protein adalah nutrisi yang memegang peranan sangat penting untuk pertumbuhan tinggi badan anak. Dan telur adalah sumber protein yang sangat baik dan mudah didapat. Ayo, pastikan telur sebagai menu harian anak. Kamu bisa membuatnya menjadi aneka makanan yang lezat seperti omelet, telur dadar, atau orak-arik. 

2.Oatmeal

Makanan yang sudah terkenal sangat sehat dan ampuh mengurangi kolesterol ini mengandung banyak protein dan rendah lemak. Oatmeal sangat bagus dikonsumsi semua orang termasuk anak-anak sebagai dasar pertumbuhan tubuhnya agar lebih tinggi.

3. Kedelai

Kedelai adalah sumber protein nabati yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan otot. Masukkan kedelai sebagai menu anak agar tulang dan ototnya tumbuh maksimal.

Baca juga: 9 Pesan Saat Anak Perempuan Memasuki Masa Remaja

4. Susu

Susu kaya akan kalsium yang membuat tulang anak menjadi lebih padat dan kuat. Pastikan anak minum susu setiap hari. Ini adalah cara paling mudah untuk membuat anak tumbuh lebih tinggi.

| SHUTTERSTOCK

5.Ayam

Semua anak pasti suka makan ayam. Teruslah memberi anak-anak menu ayam karena ini adalah jenis makanan sehat dan kaya protein.

6.Bayam

Berilah contoh soal tokoh Popeye yang menjadi kuat dan tumbuh sehat dengan memakan bayam. Bayam tidak hanya membuat kuat tetapi juga membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi karena kandungan zat besi dan kalsiumnya yang sangat tinggi.

7.Whole Grain

Gandum utuh bisa kamu dapatkan lewat sereal, roti, atau pasta. Berikan anak-anak makanan yang megandung whole grain karena kaya akan vitamin B dan zat besi. Pedoman gizi seimbang Indonesia menyebutkan zat besi sebagai sumber energi yang harus dipenuhi anak, yaitu 3-4mg perhari.

8.Yoghurt

Tidak hanya lezat, yoghurt juga mengandung vitamin D dan kalsium yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan tulang anak-anak.

9.Keju

Kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi juga terdapat pada keju. Dalam 50 gram keju terkandung sekitar 360mg kalsium dan 12 IU vitamin D.

Rekomendasi Institute of Medicine, anak usia 1-3 tahun butuh asupan 700mg kalsium per hari, sedangkan usia 4-8 tahun 1000mg per hari.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro