You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Bye-Bye Handuk Kasar. Ini 7 Tips Mencuci Handuk Agar Kembali Lembut

author
Isna Triyono
Kamis, 8 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Handuk yang mulai kasar, bisa kembali lembut hanya dengan melakukan tips berikut ini.

Mengeringkan tubuh dengan handuk yang lembut tentu lebih nyaman, kan? Sayangnya, kelembutan handuk enggak bertahan terlalu lama.

Setelah beberapa kali dipakai, dicuci, dan dikeringkan, bulu-bulu handuk akan terasa kasar di kulit. Daya serapnya pun jauh berkurang.

Daripada membeli handuk baru, ada baiknya kamu coba tips berikut ini untuk membuat handuk kasar jadi kembali lembut.

Baca juga: 5 Ide Penempatan Cermin di Rumah Agar Ruang Lebih Lapang

1. Kurangi Penggunaan Deterjen

Mungkin kamu berpikir memakai banyak deterjen saat mencuci handuk agar bisa tuntas menghilangkan segala kotoran. Namun ternyata semakin banyak memakai deterjen saat proses mencuci, semakin banyak pula residu deterjen yang tertinggal di serat handuk. Setelah kering handuk menjadi kaku dan kasar.

2. Cuci Bersamaan

Cuci handuk secara bersamaan dengan handuk lain. Jangan dicampur dengan pakaian atau jenis kain lain. Selain menghemat air dan energi, bulu-bulu atau serat cucian tidak saling menempel.

3. Gunakan Air Panas

Alasannya? Air panas membantu deterjen larut secara menyeluruh sehingga tidak menumpuk pada serat handuk. Air panas juga bisa menghilangkan kotoran dari keringat atau bakteri yang menempel di handuk. Suhu yang tepat untuk mencuci handuk adalah 40 derajat Celsius.

4. Ganti Pewangi Dengan Cuka Putih

Cairan pewangi pakaian memang akan membuat handuk beraroma segar. Tetapi itu sama sekali tidak membuat handuk kamu jadi lebih lembut. Sebaiknya ganti pewangi pakaian dengan cuka putih untuk membantu melarutkan sisa-sisa deterjen di serat-serat handuk. Cuka putih juga membuat daya serap handuk optimal kembali.

Larutkan cuka putih saat proses pembilasan agar ketika kering handuk kamu akan lembut kembali. Lakukan hal ini enam bulan sekali. Dan tidak perlu khawatir cuka putih akan meninggalkan bau yang tak sedap.

SHUTTERSTOCK |

5. Gunakan Baking Soda

Baking soda membuat serat-serat handuk yang menggumpal dan lepek akan kembali lembut. Cukup campurkan setengah cangkir baking soda dengan takaran deterjen yang biasa kamu pakai. Baking soda juga membantu menghilangkan bau tak sedap pada handuk.

6. Hindari Sinar Matahari Langsung

Saat menjemur, jangan letakkan handuk langsung di bawah sinar matahari. Proses pengeringan yang berlangsung cepat karena teriknya sinar matahari justru akan membuat serat handuk menjadi kaku.

SHUTTERSTOCK |

Baca juga: Ruang Keluarga Jadi Cantik, Begini 5 Caranya

7. Manfaatkan Bola Tenis atau Dryer Balls

Percaya atau tidak, memasukkan bola tenis yang sudah tidak terpakai atau dryer ball ke dalam cucian handuk membantu melembutkan serat handuk. Bola yang terpental di dalam mesin cuci membantu serat-serat handuk yang sudah menggumpal kembali lembut.

8. Hindari Menggunakan Sikat

Meski gemas melihat noda pada handuk,  jangan buru-buru menyikatnya dengan sikat baju. Hal itu justru makin membuat handuk menjadi kasar dan daya serapnya menurun.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi