If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Biar Harmonis, Ikuti 5 Jurus Ini

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 8 November 2018 | 19:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Cinta saja ternyata tak cukup untuk membangun keharmonisan rumah tangga. Kuncinya, beri lebih buat pasangan. Berikut 5 tipsnya.

1.Hindari saling menyakiti

Coba tanyakan pada diri sendiri, apa tujuan kamu membangun rumah tangga? Salah satunya pasti berbagi bahagia, bukan berbagi rasa sakit. Jadi, setiap kali hendak melakukan sesuatu, pastikan itu tidak menyakiti pasangan.

2.Ingat masa-masa pacaran

Masih ingat masa-masa pacaran dulu? Coba ciptakan momen-momen seperti saat berpacaran untuk membangun kembali dan menyalakan api cinta. Hindari gadget, televisi, buku bacaan, bahkan anak-anak. Hanya kalian berdua.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Saat Jenuh Pada Pasangan

3.Stop debat tak perlu

Seringkali pangkal konflik adalah masing-masing tidak memberi kesempatan lawan bicara untuk mengungkapkan pendapatnya. Jadi, stop debat kusir. Belajarlah mendengarkan pasangan dan mencari solusi yang disepakati bersama.

4.Jangan lupa menyapa

Bisa jadi kamu lupa, tapi pernahkah kamu mengucapkan kata cinta atau mencium pipi pasangan setiap kali berpapasan di rumah? Atau, kamu lempeng aja tanpa sapaan, apalagi ciuman. Padahal, menyapa atau mencium pipi pasangan, meski hanya sambil lewat, bisa menyegarkan kembali hubungan.

Baca juga: Gaji Istri Lebih Besar? Ini 5 Tipsnya

5.Menjaga mimpi

Kira-kira, apa yang ingin kamu lakukan bersama pasangan 30 tahun mendatang? Jadikan itu sebagai mantra untuk menjaga api cinta dan keharmonisan rumah tangga. Selama masih ada mimpi dan tekad serupa, tak bakal ada yang bisa menggoyahkan hubungan.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi