I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Anak Kesal Atau Merajuk, Ini 5 Tips Untuk Mengalihkan Perhatian

author
Hasto Prianggoro
Senin, 26 November 2018 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Mengalihkan perhatian anak merupakan trik yang biasa dilakukan ketika anak mulai menunjukkan perilaku bosan atau kesal terhadap sesuatu.

Bagaimana cara mengalihkan perhatian anak, berikut tipsnya.

1.Aktivitas lain

Ajak anak untuk melakukan aktivitas lain ketika ia terlihat mulai bosan dengan aktivitas yang tengah dilakukannya. Misalnya, mengambilkan anak mainan lain atau mengenalkan anak pada permainan baru. Ini akan membantu menghilangkan rasa bosan anak dan fokus dengan aktvitas barunya. 

2.Ganti suasana

Bisa jadi, anak merasa bosan karena bermain di ruangan yang tertutup. Coba pilih ruang atau tempat dimana anak bisa lebih leluasa melakukan aktivitas.

Bisa juga Bunda memindahkan anak ke spot baru supaya anak bisa mendapat pemandangan atau suasana yang baru.

Baca juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

| SHUTTERSTOCK

3.Bawa mainan kesayangan

Jika Bunda tengah mengajak anak melakukan perjalanan jauh, jangan lupa membawa mainan kesayangan si Kecil supaya ia tidak bosan. Bawa juga makanan atau camilan kesukaan anak agar anak tidak kelaparan selama di perjalanan.

Baca juga: Anak Rewel Saat Ditinggal Pergi, Ini 6 Tipsnya

4.Ubah topik pembicaraan

Untuk anak yang usianya sudah lebih besar, Bunda bisa mengubah topik pembicaraan. Atau, jika anak sedang bermain sesuatu, ajak anak untuk mengganti permainan. Tawarkan kepada anak, apakah ia yang menentukan permainan, ataukah Bunda. Ini akan membuat anak mendapat challenge sehingga tak lagi bosan.

5.Ajak jalan-jalan

Jika anak sedang mengerjakan PR dan terlihat mengalami kesulitan, segera hentikan aktivitas anak dan tawarkan aktivitas baru. Misalnya, “Bunda lihat kamu kesulitan mengerjakan PR. Bagaimana kalau kita keluar dulu cari camilan? Habis cari camilan, nanti kamu lanjutkan PR-mu.”

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro