Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Nasihat Pernikahan

author
Sundari Hana Respati
Selasa, 27 November 2018 | 18:00 WIB
Sundari Hana |

"Adek tahu sampai kapan kewajiban anak lelaki berbakti kepada ibunya? Sampai mati. Bukan sampai sang ibu tiada, tapi sampai si anak lelaki meninggal dunia. Jadi, adek jangan sekali-kali menghalangi baktinya Mas Hermawan kepada Ibunya,” kata Bapak.

Lebih dari sekali Bapak menyampaikan pesan tersebut. "Kewajiban Bapak berbakti kepada Mbah (ibunya Bapak) bukan sampai Mbah enggak ada, tapi sampai Bapak meninggal dunia" adalah versi lain yang beliau sampaikan sambil menepuk dadanya sendiri, kemudian beliau tambahkan, "Begitu pula Mas Hermawan kepada ibunya." Beliau menyebut lagi nama orang yang akan menggeser posisinya, karena sebagai seorang istri bakti pertamanya akan berpindah pada suaminya.

Mengingatkan kembali bahwa Ibu adalah tetap yang utama bagi seorang suami, dan suami adalah yang utama bagi seorang istri. Pesan lain dalam ucapan, "Sekarang yang utama adalah Mas Hermawan."

Pesan ini bahkan mulai Bapak tanamkan jauh sebelum Mas Her datang, ditambah sesekali mencuri dengar nasihat yang Bapak sampaikan pada Mbak Retno, kakakku, "Ketika Mbak bisa jadi istri yang shalihah, berbakti kepada suami, berarti itu adalah keberhasilan Bapak dalam mendidik anak."

|

Kata-kata 'hiburan' bagi kami anak-anak perempuan yang khawatir tidak bisa berbakti kepada Bapak ketika sudah menjadi istri. Seakan lupa bahwa kebaikan-kebaikan yang orang tua kami ajarkan dari kecil dan tetap kami lakukan sampai sekarang, insyaAllah menjadi pahala yang akan terus mengalir pada beliau.

Dari semua ketakutan dan kekhawatiran yang kami sembunyikan, kami pilih saling menguatkan bahwa apa-apa yang ditakdirkan Allah jauh lebih baik daripada apa-apa yang manusia rencanakan.

 

Sundari Hana Respati

IG @sundarihana

Blogger kelahiran Duri, 6 September 1992 yang menikmati kehidupan sebagai ibu rumah tangga baru. Selain aktif menulis di blog dan media sosial, lulusan S1 Gizi Kesehatan UGM ini sangat hobi nonton drama Korea.

 

 

Yuk, simak juga video menarik dari travel blogger, Marischka Prudence, tentang  berbagai spot diving terbaik di Indonesia.

 

Atau, kamu mau tahu serunya traventing alias traveling bareng keluarga dan apa saja manfaatnya buat anak di video berikut ini.

 

Penulis Sundari Hana Respati
Editor Ratih Sukma Pertiwi