If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Dari Batuk Hingga Sembelit, Ini 6 Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Bayi

author
Isna Triyono
Rabu, 28 November 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sudah sejak lama olive oil atau minyak zaitun dikenal memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, kulit, dan juga rambut.

Sebuah studi percontohan yang dilakukan oleh The University of Manchester menunjukkan bahwa memijat dengan minyak zaitun pada kulit bayi yang kering secara signifikan dapat meningkatkan hidrasi kulit.

Mau tahu apa saja kegunaan minyak zaitun untuk bayi?

1. Untuk Pijat

Memijat bayi adalah kesempatan emas memperkuat ikatan antara ibu dan bayi. Memijat juga membuat bayi lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

Selain dari segi gerakan, pemilihan minyak untuk memijat bayi juga memiliki pengaruh. Minyak zaitun bisa membuat kulit bayi halus dan sehat. Selain itu, olive oil juga memiliki kekuatan regeneratif atas jaringan kulit dan membuatnya tetap kencang.

Meski aman di kulit bayi, gunakan minyak zaitun secukupnya dan jangan digosok terlalu kencang karena kulit bayi masih sangat sensitif.

Baca juga: 6 Tips Mengenalkan Musik pada Bayi

2. Sebagai Pencampur Makanan

Minyak zaitun boleh dimasukkan dalam makanan bayi setelah mereka berusia 6 bulan. Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk hati dan pankreas.

Namun sebagai pencampur makanan, jangan gunakan lebih dari seperempat sendok teh untuk setiap dua ons makanan bayi. Jika terlalu banyak bisa menyebabkan risiko diare.

SHUTTERSTOCK |


3. Pertolongan Pertama Sembelit

Salah satu pertolongan pertama untuk bayi sembelit atau menenangkan bayi kolik adalah dengan menggosokkan minyak zaitun yang hangat pada perut bayi searah jarum jam. Dengan begitu, akan membuat bayi lebih tenang dan tidur dengan nyenyak.

4. Meringankan Gejala Cradle Cap

Cradle cap atau peradangan kulit yang umumnya muncul di kulit kepala (seperti sisik ketombe) kerap dialami oleh bayi yang baru lahir. Sifat minyak zaitun yang melembapkan bisa meringankan atau menghilangkan cradle cap.

Caranya, oleskan minyak zaitun tipis-tipis pada kulit kepala bayi dan diamkan selama 10-20 menit (jika cradle cap cukup tebal, diamkan hingga semalaman). Lalu pijat perlahan dengan kain lap halus kemudian bilas menggunakan sampo khusus bayi dan air hangat.

Gunakan sisir bayi untuk mengangkat kulit yang terlepas dari kulit kepala. Selain meringankan cradle cap, minyak zaitun juga memperkuat rambut bayi.

5. Mengobati Ruam Popok

Saat ini sudah banyak losion untuk mengobati ruam popok. Namun bagi bayi dengan kulit sensitif dan ingin pengobatan natural, minyak zaitun adalah jawabannya.

Campurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok air. Gosokkan di telapak tangan kamu dan oleskan secara lembut ke bagian kulit yang terkena ruam. Jika ruam popok tak kunjung reda, langsung datangi dokter anak.

Baca juga: Agar Bayi Tenang di Car Seat

6. Meredakan Batuk

The American Academy of Pediatrics menyarankan dokter untuk merekomendasikan orang tua untuk melakukan pengobatan alami di rumah pada bayi yang batuk. Selain tetap memberi ASI, gosokkan minyak zaitun yang telah dicampur dengan 2-3 tetes minyak rosemary, eucalyptus, dan peppermint di bagian dada dan punggung bayi. Campuran minyak itu akan membuat bayi tidur dengan lebih tenang.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi