I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Panduan Makan Ibu Hamil Saat Natal

author
Isna Triyono
Senin, 17 Desember 2018 | 12:15 WIB
SHUTTERSTOCK |

Natal, artinya banyak hidangan di meja makan. Tapi bagi kamu yang sedang hamil, ada beberapa yang harus diingat sebelum menyantap makanan-makanan Natal itu.

Makanan Utama

1. Aneka daging, seperti kalkun, ayam, daging merah, atau ikan biasanya disajikan sebagai menu makanan utama. Namun yang harus dipastikan bahwa semua daging itu dimasak dengan tingkat kematangan sempurna.

2. Begitu pun saat memilih hidangan ikan, sebaiknya cari tahu apa jenisnya karena beberapa jenis ikan mengandung kadar merkuri yang tinggi. Jika tetap disantap akan membahayakan system syaraf anak yang sedang berkembang.

Baca juga: Perhatikan, Ini Tanda Bayi Akan Segera Lahir

3. Pastikan sisa makanan disimpan dalam lemari pendingin dan dimakan dalam satu hari untuk menghindari keracunan atau bakteri jahat.

Dessert

1. Kamu masih bisa menyantap es krim namun pastikan porsinya pas dan enggak berlebihan.

2. Sepotong kue Natal juga bisa menjadi pilihan dessert. Namun sebaiknya hindari memakai icing karena biasanya terbuat dari telur mentah. Telur mentah dianggap berisiko mengandung bakteri salmonella dan bisa menyebabkan keracunan makanan.

3. Salad sayur sangat dianjurkan namun pastikan menggunakan mayones buatan sendiri. Mayones biasanya juga terbuat dari telur mentah.

4. Hindari menggunakan keju dari bahan susu kambing atau domba karena biasanya tidak melewati proses pasteurisasi.

Baca juga: Ini Isi Tas Ketika Pergi ke RS Untuk Melahirkan

SHUTTERSTOCK |

Minuman

1. Sudah pasti minuman mengandung alkohol dicoret dalam daftar minuman saat perayaan Natal. Bagi ibu hamil, alkohol bisa meningkatkan risiko bay lahir premature atau berat badan rendah.

2. Minuman bersoda juga sebaiknya dikurangi karena mengganggu gula darah.

Saat hamilpun, kamu masih bisa merayakan Natal dengan hidangan lezat. Tetapi tetap harus diperhatikan kandungan dan kebersihannya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono