Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Si Kecil Bantu-bantu Bunda di Rumah, Ini 4 Tipsnya

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 22 Desember 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Meski zaman sudah berubah, pekerjaan rumah tangga tetap saja dianggap sebagai “tugas” seorang ibu. Nah, di Hari Ibu ini, yuk, ajari si Kecil membantu pekerjaan rumah tangga. Selain sebagai bentuk kasih sayang pada Bunda, ini juga akan mengajarkan anak banyak hal.

Anak bisa mempelajari berbagai keterampilan yang kelak menjadi bagian kehidupan sehari-hari mereka saat dewasa kelak. Membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti menyiapkan makanan, membersihkan rumah atau perabot, membereskan tempat tidur, dan sebagainya, akan membekali anak pengalaman bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, bernegosisasi, bekerjasama, maupun bekerja sebagai tim.

 

Baca juga: Ini, Lo, Minuman Sehat Buat Si Kecil

 

Ketika anak terlibat dalam aktivitas keluarga, mereka akan merasa kompeten dan bertanggungjawab. Setelah tugas selesai, mereka akan merasakan kepuasan karena telah mengerjakan tugasnya. Yang juga penting, membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga akan makin membangun kekompakan sekaligus mengurangi stres atau konflik keluarga.

1. Sesuaikan dengan usia anak

Sesuaikan pekerjaan dengan usia anak. Pekerjaan rumah yang terlalu sulit akan membuat anak frustrasi, sementara pekerjaan yang terlalu mudah akan membuat anak bosan.

2. Mulai dari yang ringan

Minta anak membantu tugas yang ringan terlebih dulu, misalnya mengumpulkan mainan yang berantakan. Ini akan menjadi pesan bagi anak bahwa bantuannya sangat dibutuhkan.

| SHUTTERSTOCK

3. Anak merasa bertanggungjawab

Pelan-pelan, minta anak mengerjakan tugas-tugas keluarga yang berkaitan dengan seluruh anggota keluarga, misalnya membersihkan meja makan. Ini akan membuat anak merasa diberi tanggung jawab.

4. Ajak anak ngobrol 

Jika anak sudah agak besar, Bunda bisa mengajaknya mengobrol tentang tugas-tugas yang ia selesaikan. Melalui obrolan, anak akan memahami pentingnya terlibat dalam tugas-tugas rumah tangga bagi dirinya sendiri maupun keluarga.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro