You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

5 Penyebab Ibu Hamil Sering Alami Sakit Kepala

author
Isna Triyono
Senin, 14 Januari 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sakit kepala kerap dialami ibu hamil, apalagi di trimester awal.

Ternyata, sakit kepala yang sering dialami ibu hamil penyebabnya beragam loh. Tetapi semuanya enggak jauh karena adanya perubahan hormone.

Tapi selain itu, ada juga beberapa penyebab lain.

1. Depresi

Cemas dan depresi akibat perubahan hormon lazim terjadi pada ibu hamil. Hal ini berujung pada sakit kepala. Untuk meredakannya, dianjurkan untuk melakukan meditasi, yoga dan mengonsumsi makanan sehat.

Baca juga: 7 Makanan Agar Cepat Hamil

2. Kurang Tidur

Perubahan hormonal juga menyebabkan sulit tidur. Ujung-ujungnya kamu kurang tidur dan membuat sakit kepala. Cobalah untuk rileks sebelum waktu tidur dengan minum minuman hangat seperti susu atau the.

3. Anemia

Gejala kurang darah juga kerap dialami ibu hamil. Hal ini membuat pusing dan sakit kepala. Konsultasikan pada dokter jika mengetahui tekanan darahmu rendah saat control kehamilan dan mintalah obat yang aman.

4. Dehidrasi

Kerap mual dan sensitif mencium bau tertentu, beberapa ibu hamil bahkan menjadi tidak suka minum air putih, menyebabkan dehidrasi. Jika mual minum air putih, kamu bisa tambahkan sedikit perasan lemon untuk memberi rasa.

Baca juga: Makan Makanan Pedas Saat Menyusui, Ini Manfaatnya Bagi Bayi

5. Hipertensi

Enggak Cuma anemia, hipertensi juga membuat ibu hamil sering dilanda rasa sakit kepala. Itulah gunanya setiap cek kehamilan, tekanan darahmu selalu diperiksa. Jika mengalami hipertensi, segera konsultasikan pada dokter karena ini bisa membahayakan kondisi janin.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono