Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

8 Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil

author
Isna Triyono
Selasa, 15 Januari 2019 | 16:57 WIB
SHUTTERSTOCK |

Hamil bukan menjadi alasan kamu untuk enggak berolahraga. Justru olahraga saat hamil banyak sekali manfaatnya.

Manfaat berolahraga saat hamil antara lain menghilangkan stres, sakit kepala, sakit punggung, dan untuk kebugaran tubuh menghadapi proses persalinan.

Namun enggak semua olahraga bisa dilakukan perempuan hamil. Pilih olahraga yang ringan dan enggak berdampak pada janin. Dan yang terpenting konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Masih bingung olahraga apa? Kanya berikan pilihannya, ya, olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Baca juga: 5 Penyebab Ibu Hamil Sering Alami Sakit Kepala

SHUTTERSTOCK |

1. Yoga

Yoga adalah bukti bahwa orang zaman dahulu sudah sangat memperhatikan kebugaran dengan berolahraga. Ikut kelas yoga khusus ibu hamil agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Pilates

Kebanyakan gerakan pilates membantu memperkuat otot-otot perut dan dasar panggul. Pilates paling baik dilakukan dengan ahli yang terlatih, apalagi jika kamu baru mencobanya.

 

SHUTTERSTOCK |

3. Latihan Beban

Jika kamu sudah rutin memasukkan weight training dalam jadwal olahragamu, saat hamil kamu hanya perlu memodifikasi sedikit gerakan. Ada banyak latihan beban yang aman bagi ibu hamil. Tapi weight training tidak disarankan bagi ibu hamil yang sebelumnya sama sekali belum pernah melakukan ini.

4. Aerobik

Jika aerobik sudah rutin kamu lakukan, saat hamil kamu bisa tetap melakukannya. Ada banyak latihan aerobik yang aman untuk ibu hamil dan janin. Sebaiknya ikut kelas aerobik khusus ibu hamil untuk memastikan semua gerakan memiliki dampak yang aman bagi ibu dan bayi.

 

SHUTTERSTOCK |

5. Renang

Berenang sudah menjadi olahraga yang paling banyak dipilih oleh ibu hamil. Bukan hanya menyenangkan tetapi renang juga bisa menghilangkan stres, meningkatkan stamina, dan menguatkan otot.

6. Sepeda Stasioner

Bukan hanya membuat bugar, melakukan olahraga sepeda stasioner juga menyenangkan. Kamu bisa melakukannya sambil santai melakukan kegiatan lain, misalnya menonton drama Korea dari layar TV.

Baca juga: 7 Makanan Agar Cepat Hamil

7. Berjalan

Olahraga yang paling santai dan menyenangkan bagi ibu hamil adalah berjalan. Kamu bisa jalan-jalan pagi bareng pasangan ke sekitar lingkungan rumah. Udara yang segar dan sedikit keringat yang keluar membuat mood semakin bersemangat.

 

SHUTTERSTOCK |

8. Menari

Enggak ada hal yang menyenangkan sekaligus membuat sehat selain menari. Beberapa jenis olahraga menari bisa kamu jadikan pilihan misalnya balet, samba, belly dancing. Namun yang harus diingat, hindari gerakan melompat, berputar atau mengubah arah gerakan secara tiba-tiba.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono