Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Pentingnya Perhatian Orangtua, Begini 6 Tipsnya

author
Hasto Prianggoro
Senin, 21 Januari 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Perhatian yang ditunjukkan orangtua akan memberikan dampak positf bagi anak. Memberi respons positif dengan kehangatan dan cinta membuat anak erasa aman dan percaya diri. Bagaimana menunjukkan perhatian positif pada si Kecil, berikut beberapa tipsnya.

 

1. Katakan ke anak bahwa Bunda suka melihat apa yang sedang ia kerjakan. Misalnya, “Wah, Bunda suka kamu mau bantu membereskan mainan..” Gunakan kalimat dan intonasi positif.

2. Meluangkan diri menemani anak bisa menjadi saat-saat menyenangkan bagi si Kecil, meskipun hanya duduk di teras menyaksikan hujan yang turun atau melihat dan ngobrol tentang pelangi yang muncul usai hujan.

 

Baca juga: Bolehkah Anak Punya Channel Youtube?

 

3. Saat sedang ngobrol bersama anak, beri jeda setelah Bunda berbicara untuk memberikan waktu bagi anak memahami dan mengulang kalimat Bunda dengan kalimatnya. sendiri.

4. Temani anak bermain mainanan kesukaannya seperti lego atau playdough. Beri anak pujian jika berhasil menyelesaikan permainan atau membuat bentuk.

| SHUTTERSTOCK

5. Beri anak feedback tentang aktivitas atau perilaku yang sudah ditunjukkan anak. Misalya, “Terimakasih, ya, Sudah membantu membawakan piring kotor ke dapur. Jadinya BUnda bisa lebih cepat mebersihkan meja makan.”

6. Jangan lupa tersenyum dan melakukan eye kontak dengan anak setiap kali bertemu atau berbicara dengannya. Peluk dia jika memang suasananya mengharuskan BUnda untuk memeluknya.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro