I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Si Kecil Takut Mandi? 5 Langkah Ini Bisa Membantu

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 25 Januari 2019 | 10:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Apakah batita Bunda takut mandi atu takut air? Tidak mau kepalanya dibasahi atau takut matanya kena air? Jika anak sangat takut air dan tak mau mandi, sebaiknya jangan memaksa mereka untuk mandi atau masuk ke bak mandi. Bunda sebaiknya memakai bak mandi kecil yang bisa membuatnya lebih nyaman, juga pastikan temperatur air tidak terlalu dingin atau terlalu hangat. Hal-Hal lain yang bisa dilakukan agar anak mau mandi antara lain:

 

1.Pelan-pelan kenalkan anak dengan air dan bak mandi. Misalnya, dudukkan anak ke dalam bak mandi lalu beri ia spons basah. Biarkan ia bermain-main dengan spons itu beberapa saat. Setelah anak merasa aman dan nyaman, sedikit demi sedikit masukkan air ke dalam bak.Jika anak terlhat cemas melihat air yang masuk ke bak mandi, hentikan, tunggu sampai ia merasa nyaman.

 

Baca juga: 6 Cara Mudah Ajak Anak Berolahraga

 

2.Jika Bunda memiliki bak mandi ukuran dewasa, mandilah bersam si kecil. Pangku ia di paha atau di antara paha agar merasa aman. Basahi tubuh anak pelan-pelan agar ia merasa nyaman.

3.Jangan lupa letakkan karpet karet di lantai kamar mandi agar anak tidak terpeleset yang bisa membuatnya takut berada di kamar mandi.

| SHUTTERSTOCK

4.Sebelum mengisi bak mandi dengan air, anak sebaiknya berada di luar bak mandi. Suara air yang keluar dari keran bisa membuat anak sangat takut.

5.Jika anak takut kepala atau matanya dibasahi, gunakan penutup kepala ukuran anak-anak. Beberapa anak malah mungkin lebih nyaman menggunakan kacamata renang. Tidak apa-apa, yang penting anak nyaman dan tidak takut. Gunakan sampo khusus bayi atau anak yang tidak  pedih di mata.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro