When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

5 Tips Ruang Kerja di Rumah Ala Puty Puar

author
Isna Triyono
Kamis, 28 Februari 2019 | 10:03 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bekerja di rumah juga memerlukan space khusus agar fokus bekerja.

Dengan ruang khusus bekerja, kamu jadi lebih fokus dan bisa membangkitkan mood untuk menyelesaikan pekerjaan.

Seperti yang dilakukan oleh Puty Puar, illustrator, penulis komik, dan pemilik brand Fat Bunny.

Meski bekerja di rumah, ibu satu anak ini menerapkan jam kerja dan menyelesaikan pekerjaannya di meja kerja khusus.

Baca juga: Tips Dekorasi Untuk Kamar Mandi Mungil

Berikut tips menata ruang kerja di rumah ala Puty Puar.

1. Sesuaikan Dengan Pekerjaan

Sebisa mungkin disesuaikan dengan nature kerja kita. “Misalnya saya illustrator berarti butuh banget gadget, perangkat yang mendukung, dan space yang agak luas,” kata Puty.

2. Terpisah Dari Kamar Tidur

“Karena kalau di dalam kamar tidur, begitu lihat tempat tidur, pasti tergoda untuk rebahan hehehe,” kata Puty. Terpisah, lanjut Puty bukan berarti harus ada ruangan khusus. “Kalau enggak ada ruangan lebih, disekat saja agar kita punya suasana dan mood ‘Oh, kalau di sini tuh saya lagi kerja.’"

SHUTTERSTOCK |

3. Punya Tempat Penyimpanan

Selain meja, kamu tentu membutuhkan tempat penyimpanan, baik dokumen atau alat-alat kerja. “Sehingga ketika butuh sesuatu untuk kerja, semua sudah terlokalisir dan rapi. Enggak buang-buang waktu untuk mencari-cari dulu.”

Baca juga: Tips Dekorasi Untuk Kamar Mandi Mungil

4. Sentuhan Personal

Mungkin saat ini sedang tren meja kerja minimalis. Namun Puty menyarankan agar memberi sentuhan personal, misalnya meletakkan foto pribadi, anak atau pasangan di meja kerja. “Kalau saya pribadi, kalau meja kerja terlalu sepi malah jadi enggak ada inspirasi. Ya senyaman kita aja.”

SHUTTERSTOCK |

5. Investasi Kursi

Jika punya dana lebih, investasikan untuk membeli kursi kerja yang nyaman. “Kalau punya kursi yang nyaman, itu menunjang pekerjaan kita banget dan untuk investasi ke diri kita sendiri sih, misalnya punggung jadi enggak merasa pegal.”

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono