We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

8 Solusi Mengatasi Bekas Jerawat

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 5 Maret 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bekas jerawat buat sebagian orang adalah mimpi buruk. Bagaimana mengatasinya?

“Bekas jerawat bisa jadi sulit diatasi. Terkait dengan perubahan tekstur, pigmentasi, kemerahan, kedalaman luka. Semakin dalam luka, semakin sulit diatasi,” tukas Jodie King, pemilik Skin Clinic Blyss. Lalu, bagaimana caranya mengatasi bekas jerawat? Ini 8 solusi yang bisa kamu coba.

1.Serum

Serum berguna menenangkan ruam kemerahan, memproteksi sekaligus memperbaiki tekstur kulit yang luka.

2.Face Oil

Face oil yang disarankan untuk meredakan luka bekas jerawat di antaranya tea tree oil dan rosehip oil.

3.Obat Oles

Obat oles over the counter biasanya aman digunakan setiap hari. Berguna meredakan peradangan. Gunakan tipis-tipis pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan.

4.Akupunktur

Jarum akupunktur melancarkan peredaran darah di wajah, mengurangi kemerahan, membantu memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat jerawat, serta meningkatkan produksi kolagen.

Baca juga: 6 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

5.Microneedling

Sebaiknya dikerjakan oleh ahlinya. Menggunakan 12 microneedle yang bekerja seperti akupunktur. Meningkatkan kemampuan kulit memproduksi kolagen dan elastin. Mereduksi hiperpigmentasi  dan bekas jerawat.

6.Microdermabrasi

Cocok untuk bekas jerawat yang ringan dan tidak terlalu dalam. Caranya, kulit wajah digosok dengan sejenis butiran kristal kecil. Rasanya kulit wajah seperti tergores, namun tidak terlalu sakit dan kamu tidak perlu anastesi.

Setelah kulit digosok, kotoran dan sel-sel kulit mati disedot hingga bersih. Treatment ini tidak cocok jika kamu punya jerawat cystic karena bisa menyebabkan peradangan.

Baca juga: Atasi Komedo dan Jerawat Dengan Kentang Mentah, Ini 3 Caranya

7.Laser

Menstimulasi produksi kolagen dan mengurangi hiperpigmentasi. Cocok untuk bekas jerawat yang dalam. Menghasilkan efek kemerahan.

8.Obat Tradisional

Jika ingin mengobati jerawat secara alami, kamu bisa mencoba air lemon yang berkhasiat menghilangkan sel-sel kulit mati. Kamu juga bisa mencoba kentang yang kaya vitamin dan mineral untuk menghilangkan hiperpigmentasi. Atau, kunyit yang punya sifat anti-inflamasi.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi