We’re here for a reason. I believe that reason is to throw little torches out to lead people through the dark.
Whoopi Goldberg

7 Perawatan Kecantikan yang Harus Dihindari Selama Hamil

author
Isna Triyono
Kamis, 14 Maret 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Perawatan kecantikan apa yang harus kamu hindari selama kehamilan?

Semua perempuan hamil ingin selalu tampil cantik maksimal. Namun hal itu bukan berarti harus mengorbankan keamanan bayi dalam kandungan.

Ada beberapa perawatan kecantikan yang harus kamu hindari selama kehamilan.

Baca juga: Do’s and Don’ts Soal Tidur Selama Kehamilan

1. Tanning Beds

Tanning beds sama sekali tidak disarankan untuk siapapun, apalagi perempuan hamil. Berada dalam tanning beds bisa membuat kamu kepanasan dan membahayakan janin.

Kamu juga berisiko terkena kanker kulit dan melasma (timbul bercak hitam di wajah dan tubuh).

SHUTTERSTOCK |

2. Berendam di Bak Air Panas, Sauna, dan Mandi Uap

Sauna dan berendam di bak air hangat memang bisa membuat kamu rileks. Tapi itu juga bisa membuat suhu tubuhmu meningkat drastis hanya dalam beberapa menit dan itu sangat membahayakan bayimu dalam perut.

3. Tindikan

Tundalah untuk menindik selama hamil. Dalam kondisi hamil, sistem kekebalan tubuhmu berada pada level yang snagat sensitif. Menindik bisa memperbesar kemungkinan kamu terinfeksi.

SHUTTERSTOCK |

4. Botox

Meski untuk kecantikan, botox tetap dianggap sebagai obat. Melakukan botox sama sekali tidak direkomendasikan untuk perempuan hamil.

Baca juga: Ini 6 Cara Membedakan Kontraksi Palsu dan Asli

5. Pemutih Gigi

Perubahan hormon selama kehamilan sering mempengaruhi jaringan gusi. Pemutihan gigi menggunakan pemutih bisa menyebabkan pregnancy gingivitis, yaitu gusi menjadi bengkak, lunak, dan berdarah.

SHUTTERSTOCK |

6. Body Wraps

Membungkus tubuh atau bagian tubuh tertentu dengan handuk panas untuk melarutkan lemak sangat berisiko bagi bayi dalam perut. Suhu tubuh kamu bisa meningkat drastis dan jadi ancaman serius bagi bayi.

7. Membuat Tato

Rasa sakit saat membuat tato dapat menyebabkan tekanan pada tubuh atau bahkan infeksi. Hindari membuat tato selama hamil karena membahayakan kesehatan kamu dan juga bayi dalam perut.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono