Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

15 Cara Mudah Tunjukkan Cinta Pada Si Kecil

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 27 Maret 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Saat paling menyenangkan bagi orang tua dan juga anak adalah ketika punya waktu untuk berkumpul dan melakukan aktivitas bersama.

Tetapi, waktu luang tak selalu tersedia, apalagi jika kedua orang tua bekerja. Nah, agar orang tua tetap bisa menunjukkan kasih sayang ke anak meskipun tak punya cukup waktu, 15 cara ini bisa dilakukan.

1. Beri mereka ciuman setiap bangun tidur, katakan betapa Bunda sangat mencintainya.

2. Bacakan buku atau dongengkan cerita sebelum tidur. Jika Bunda pulang kerja kemalaman, bacakan keesokan hari saat makan sarapan.

3. Jika anak sudah bisa membaca, tulis catatan di kotak bekalnya, “Selamat bersenang-senang! Bunda menyayangimu!”

4. Peluk dan beri anak ciuman sebelum berangkat kerja atau meninggalkan rumah. Jangan lupa beri mereka senyuman yang tulus. 

5. Tanyakan apa yang mereka alami seharian, mana yang paling menyenangkan dan mana yang paling menyebalkan.

Baca juga: 4 Tips Agar Anak Tak “Hilang” Di Keramaian

6. Jika anak terlihat merengek minta perhatian, segera hentikan aktivitas dan dekati mereka. Peluk dan cium mereka.

7. Temani anak berangkat tidur sampai mereka terlelap. Selain membacakan buku atau cerita, Bunda bisa mengajak mereka ngobrol tentang aktivitas mereka hari itu. 

8. Beri pujian setiap kali anak melakukan hal-hal positif seperti merapikan mainan atau membereskan tempat tidur.

9. Ajak anak memasak bersama. Biarkan anak yang memilih menu masakan, dan kalau bisa Ajak mereka berbelanja juga.

10. Seberat apapun hari-hari Bunda, jangan pernah berangkat tidur dengan perasaan marah atau kesal ke anak, dan jangan biarkan anak berangkat tidur dengan pikiran bahwa ibunya sedang marah kepadanya.

| SHUTTERSTOCK
11. Dengarkan apa-apa yang dikatakan anak atau ketika anak bercerita, jangan pernah memotong pembicaraan mereka kecuali ada hal-hal penting yang tak bisa menunggu.

12. Buatlah anak merasa bahwa pendapat mereka didengar orang tua dengan jalan menanyakan apa pendapat mereka tentang suatu hal. Misalnya tentang binatang peliharaan. Misalnya, “Menurut Adek, di mana kita harus menaruh kandang buat kucing kita?”

13. Jadwalkan kegiatan seru bersama anak di akhir pekan. Tak perlu jauh-jauh atau berbiaya mahal, cukup mengajak mereka jalan-jalan di taman, misalnya.

14. Beri mereka perhatian penuh saat sedang berkumpul bersama. Lupakan ponsel atau urusan lain, fokuskan perhatian pada mereka.

15. Jangan pernah berbohong atau ingkar janji. Jika memang rasanya tak mungkin mewujudkan sesuatu, tidak perlu memberi janji lebih dulu.  

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro