Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

7 Kebiasaan yang Dilakukan Profesional Untuk Sukses

author
Isna Triyono
Kamis, 4 April 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Melakukan kebiasaan yang baik tentu bisa membantu perkembangan kariermu.

Kebiasaan baik harus dilakukan sejak dini. Apalagi untuk menghadapi dunia kerja.

Berikut ini 7 kebiasaan yang dilakukan profesional untuk meraih kesuksesan. Kamu pun bisa mengikutinya mulai saat ini.

1. Mengerjakan Dari yang Tersulit

Logikanya, ketika memulai hari, pikiran dan tenagamu masih fresh sehingga sangat mampu untuk melakukan tugas yang tersulit. Mengerjakan tugas dari yang tersulit juga membuat semangat dan produktivitas kamu terjaga seharian.

Coba bayangkan jika kamu baru mengerjakan tugas yang tersulit pada pukul 3 sore, tentu semua tenaga dan pikiran sudah terkuras dari pagi.

Baca juga: Di-PHK? Lakukan 5 Hal berikut Agar Tetap Semangat

2. Hilangkan Keraguan Diri

Enggak ada yang menghambat karier selain keraguan pada diri sendiri. Hilangkan keraguan pada diri sendiri dan pupuk kepercayaan diri.

Jika melakukan kesalahan atau kegagalan, coba lagi. Toh semua orang sukses pasti pernah salah dan gagal. Mungkin kamu hanya butuh waktu istirahat sebentar untuk kembali menemukan semangat.

SHUTTERSTOCK |

3. Keluar Zona Nyaman

Orang yang sukses adalah orang yang berani keluar drai zona nyaman, orang yang berani melakukan sesuatu yang menantang, meski butuh pengorbanan.

Kamu bisa keluar zona nyaman dalam skala kecil, misalnya mulai berani mengeluarkan ide-ide saat rapat dari yang biasanya hanya jadi pendengar. Atau berani meminta feedback atas tugas yang kamu kerjakan pada atasan.

4. Datang Lebih Awal

Datanglah lebih awal dari setiap meeting untuk menunjukkan keseriusan kamu dalam bekerja. Datang lebih awal memberi kesan bahwa kamu profesional dan siap bekerja.

5. Menjaga Networking

Menjaga hubungan kerja dan pertemanan sangat penting bagi kemajuan karier kita. Karena enggak enggak pernah tahu jika ke depannya nanti, rekan kerja dan teman menawarkan peluang yang sangat bagus untuk kita. Atau kita membutuhkan pertolongan mereka.

Baca juga: 5 Tips Bikin Networking Untuk Milenial

SHUTTERSTOCK |

6. Selalu Katakan ‘Ya’

Di awal karier, sebaiknya selalu katakana ‘ya’ untuk semua tugas, pekerjaan, dan tantangan yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Jangan pernah berpikir negative bahwa kamu akan dimanfaatkan, tetapi lihatlah secara positif bahwa semua peluang itu akan menambah skill dan jam terbang kamu.

Repot sedikit, tapi akan terbayarkan dengan apa yang akan kamu petik nantinya.

7. Temukan mentor

Cari teman atau mentor yang bisa diajak bicara soal karier profesional kamu. Selain bisa mendapat saran atau cerita inspiratif, dia juga bisa membantumu memperluas networking dan membuka peluag bisnis baru.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono