Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Anti Lemas dan Ngantuk Saat Puasa di Kantor

author
Isna Triyono
Senin, 27 Mei 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Salah satu masalah yang dihadapi pekerja kantoran saat puasa seperti ini adalah ngantuk dan lemas.

Jangan jadikan puasa sebagai penyebab produktivitas kamu menurun di kantor. Memang sih, hampir semua pekerja kantoran mengalami yang namanya ngantuk dan lemas saat berpuasa.

Tapi kamu bisa kok menghilangkan rasa lemas dna ngantuk saat puasa di kantor. Intip yuk tips berikut ini.

1. Jalan-Jalan Setiap 30 Menit

Yang membuat kita lemas dan ngantuk saat di kantor antara lain karena kita terlalu lama duduk atau banyak diam. Setiap 30 menit, cobalah untuk berdiri dan jalan-jalan sekitar kubikal.

Selain menghilangkan rasa kantuk, berjalan-jalan di dalam kantor bisa mereganggkan otot dan menghilangkan sugesti bahwa kamu lemas.

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

SHUTTERSTOCK |

2. Ngobrol Dengan Teman

Memang sih ngobrol dalam keadaan mulut kering kurang nyaman. Tapi dengan ngobrol bersama teman bisa membuat kamu lupa sedang berpuasa dan rasa lapar. Sebaiknya ngobrol dengan teman untuk hal-hal yang positif ya, bukan malah ngegosip.

3. Tidur Siang Sejenak

Jika jam istrirahat biasanya kamu pergi ke kantin, cobalah manfaatkan jam istirahat dengan tidur siang sejenak. Tidur siang singkat, 15-30 menit bisa menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh tidak lemas lagi.

SHUTTERSTOCK |

4. Cari Sinar Matahari

Saat berpuasa memang malas rasanya harus keluar ruangan. Tapi dengan tubuh terkena sinar matahari bisa menghilangkan rasa ngantuk. Tapi pilih jam yang sinar mataharinya masih menyehatkan, misalnya jam 8-9 pagi.

5. Ubah Pemandangan

Jika biasanya kubikal kamu hanya terpampang foto-foto kamu, cobalah untuk mengubahnya. Misalnya dengan mengganti foto-foto saat liburan terakhir atau mengubah posisi duduk sehingga pemandangan yang kamu lihat berbeda.

Baca juga: 10 Tips Kerja Cerdas Agar Bisa Pulang On Time

SHUTTERSTOCK |

6. Jangan Lewatkan Sahur

Melewatkan sahur bisa membuat tubuhmu menjadi lemas. Usahakan selalu punya niat kuat untuk bangun sahur agar tidak lemas saat di kantor nanti.

7. Tidur Cukup

Selama Ramadan, tentu pola tidurmu mengalami sedikit perubahan. Sebaiknya jangan tidur terlalu malam. Jika memungkinkan, kamu bisa tidur lagi setelah sahur dan solat subuh.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono