When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Hamil 8 Bulan, Perut Sandra Dewi Kelihatan Kecil, Kok Bisa?

author
Isna Triyono
Kamis, 27 Juni 2019 | 13:23 WIB
SHUTTERSTOCK |

Artis Sandra Dewi sedang mengandung anak keduanya.

Pada penampilannya baru-baru ini, banyak netizen yang enggak percaya jika kehamilan Sandra Dewi sudah memasuki usia 8 bulan.

Pasalnya, perutnya belum terlihat besar seperti orang hamil di trimester ketiga. Kok bisa?

Menurut dr Ivander Utama, SpOg, banyak faktor yang membuat ukuran kehamilan satu perempuan dengan yang lainnya berbeda-beda.

Berikut ini yang menyebabkan ukuran perut ibu hamil terlihat lebih kecil.

Baca juga: Alasan Orgasme Bagus Untuk Perempuan Hamil

1. Tinggi Badan Ibu

Ibu yang memiliki badan cukup tinggi memang biasanya baby bump akan kelihatan lebih lama muncul karena pertumbuhan rahim ke arah atas, bukan maju ke depan. Begitupun sebaliknya, pada ibu dengan badan tidak terlalu tinggi cenderung baby bump akan cepat terlihat.

2. Kehamilan Pertama

Pada kehamilan pertama, ukuran perut cenderung lebih kecil karena otot-otot perut masih kuat dan lebih kuat menahan berat perut. Itu yang membuat biasanya ukuran perut hamilnya lebih kecil.

3. Kebiasaan Olahraga

Ibu yang terbiasa olahraga, cenderung memiliki otot perut yang lebih kuat. Sedangkan ibu yang jarang olahraga, ototnya mudah kendur dan cepat menunjukkan baby bump.

Baca juga: Do’s and Don’ts Saat Menanti Persalinan

4. Jumlah Cairan Ketuban

Jumlah cairan ketuban dalam rahim juga sangat mempengaruhi besarnya baby bump. Jika cairan ketuban lebih banyak maka ukuran perutnya pun akan lebih cepat besar.

5. Tidak Ada Kaitan Dengan Berat Bayi

Pertumbuhan bayi dalam rahim tidak ada kaitannya dengan besarnya perut ibu. Untuk mengetahui berat bayi dalam rahim perlu dilakukan pemeriksaan USG, bukan dilihat dari besarnya perut.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono