The age of a woman doesn’t mean a thing. The best tunes are played on the oldest fiddles.
Ralph Waldo Emerson

Iko Uwais Migren Setelah Mewarnai Rambut, Ini Tips Mewarnai Rambut yang Aman

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 26 Juni 2019 | 14:00 WIB
Tips mewarnai rambut | SHUTTERSTOCK

Hati-hati jika ingin mewarnai rambut. Aktor laga Iko Uwais dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit di kulit kepala dan migren berkepanjangan setelah mewarnai rambut.

Derita Iko berawal saat ia dituntut untuk mengubah penampilan rambutnya menjadi pirang di film terbarunya. Iko pun lakukan proses bleaching rambut hingga 2 kali selama 5 jam.

Tidak disangka, setelah proses tersebut Iko merasakan sakit yang luar biasa di bagian kepala, bahkan ketika hanya anak rambutnya yang disentuh. Migren pun datang berhari-hari lamanya. Iko sampai harus mengonsumsi pain killer agar tetap bisa beraktivitas.

Karena kondisi semakin memburuk, Iko dilarikan ke rumah sakit. Menurut dokter, cairan bleaching yang mengandung bahan kimia mengenai bagian syaraf di kulit kepala Iko yang sensitif sehingga memicu reaksi iritasi di kulit kepala.

Cukup seram, ya? Tapi bukan berarti kamu enggak boleh mewarnai rambut. Hanya saja untuk menghindari efek negatifnya sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam melakukan proses pewarnaan dan mengikuti aturan yang tepat.

1.Baca dan ikuti aturan pakai pada kemasan pewarna rambut.

2.Cek tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa obat pewarna rambut.

3.Keramas di hari sebelumnya agar kadar minyak di kulit kepala tetap terjaga dan melindunginya dari iritasi karena proses pewarnaan.

Baca juga: Cari Tahu, Frekuensi Keramas Sesuai 8 Jenis Rambut

4.Sebelum mengaplikasikan ke seluruh rambut, lakukan tes alergi pada kulit. Jika terasa gatal atau timbul kemerahan, artinya kulit mengalami reaksi alergi. Sebaiknya proses pewarnaan tidak dilakukan atau mengganti dengan produk lain.

Tips Mewarnai Rambut | SHUTTERSTOCK

5.Jangan sampai cat rambut terkena kulit kepala agar tidak menimbulkan risiko iritasi. Triknya, oleskan petrolleum jelly pada kulit kepala di garis rambut

6.Jangan mendiamkan obat pewarna rambut di kulit kepala melebihi waktu yang disarankan.

Baca juga: Bumil Tidak Boleh Mengecat Rambut, Mitos atau Fakta?

7.Setelah pewarna diaplikasikan hingga waktu tertentu, bilas rambut dengan air dingin hingga benar-benar bersih. Jangan gunakan air hangat karena akan membuka kutikula rambut dan membuat bahan kimia masuk ke dalam kulit kepala.

8.Untuk merawat kulit kepala dan rambut yang telah diwarnai, gunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai agar kulit kepala tidak kering dan warna tidak mudah luntur.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi