What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Kenapa Kulit Lebih Glowing Setelah Olahraga?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 3 Juli 2019 | 14:00 WIB
Post-workout glow | SHUTTERSTOCK

Posting foto setelah olahraga gara-gara kulit kelihatan lebih glowing. Hm, post-workout glow itu mitos atau fakta, ya?

 

Coba deh perhatikan, setelah berolahraga kulit kita biasanya menjadi lebih glowing, atau disebut juga post-workout glow. Enggak heran di wall medsos banyak muncul foto-foto orang setelah berolahraga.

Menurut Melissa K. Levin, MD, dermatologis asal New York, post-workout glow bukan cuma mitos. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya.

Baca juga: Sebelum Olahraga Makan Apa?

 

1. Ketika berolahraga aliran darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel kulit dengan lebih lancar sehingga kulit terlihat lebih glowing.

 

2. Selama berolahraga tubuh mengeluarkan keringat yang merupakan campuran air, garam, elektrolit, dan protein urea. Keringat juga mengaktifkan produksi sebum. Urea dan sebum pada keringat membantu melembutkan dan melembapkan kulit.

Baca juga: Olahraga Pagi vs Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

 

Post-workout glow | SHUTTERSTOCK

 

3. Selain itu, keringat membuka pori-pori, mendorong kotoran dan debu keluar dari kulit. Beberapa riset juga mengatakan keringat memproteksi kulit dari bakteri penyebab infeksi. Alhasil, kulit terlihat lebih glowing, merona di bagian pipi, dan teksturnya lebih kenyal.

 

4. Setelah berolahraga, tubuh melepas hormon endorphin yang membuat kamu merasa lebih bahagia, segar dan bebas dari stres. Dengan begitu wajah pun terlihat lebih cerah.

 

Nah, tertarik mendapatkan post-workout glow? Mulai olahraga dulu, yuk!

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi