It needs to be said and heard: it’s OK to be who you are.
Hailee Steinfeld

Hobi Baca Sebelum Tidur? Ini Tips Memilih Lampu Baca

author
Isna Triyono
Kamis, 4 Juli 2019 | 10:09 WIB
SHUTTERSTOCK |

Beberapa orang memiliki hobi baca sebelum tidur.

Dengan segudang aktivitas di siang sampai sore hari, hobi membaca terkadang bisa dilakukan hanya menjelang tidur. Saat kondisi sudah siap tidur, kamu bisa santai membaca buku tanpa gangguan.

Nah, supaya hobi baca sebelum tidur aman dilakukan untuk mata dan juga tidak mengganggu pasangan, berikut ini tips ketika memilih lampu baca.

Baca juga: Tips Belanja Furnitur Secara Online

1. Lampu Buku

Kamu bisa coba menggunakan lampu buku, yaitu lampu dengan clip yang bisa kamu tempel di novel atau buku yang sedang kamu baca. Arahkan lampu pada halaman buku sehingga sinarnya tidak mengganggu pasangan yang tidur.

2. Cek Watt

Jika kamu membaca dengan lampu berdiri, pastikan bohlamnya tidak lebih dari 50 watt, yang cukup memberi cahaya untuk membaca tanpa menerangi seluruh ruangan.

3. Bijak Pilih Bohlam

Selain pilih bohlam dengan watt rendah, pilih juga yang bisa menyaring cahaya biru (spectrum cahaya yang mengganggu melatonin). Bohlam jenis ini akan membantu tubuh mempertahankan ritme sirkadian alami hingga kamu enggak kesulitan tidur setelah selesai membaca.

Baca juga: 7 Cara Maksimalkan Ruang Bawah Tangga

4. Kap Lampu

Pasang lampu baca dengan kap lampu yang menutupi seluruh bihlam. Dengan begitu, kap lampu akan melindungi mata kamu dari rasa silau dan hanya menerangi area buku yang sedang kamu baca.

5. Matikan Lampu

Jika kamu merasa sudah mulai tertidur, matikan lampu baca. Membiarkan lampu baca menyala membuat kamu akan terbangun di tengah malam. Selain itu, ketiduran sebelum lampu dimatikan membuat posisi tidur kamu tidak biasa dan merasa sakit punggung atau leher saat bangun nantinya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono