Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

5 Pasar Tradisional Murah Meriah di Bali

author
Isna Triyono
Sabtu, 20 Juli 2019 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Meski saat ini sudah tersedia pusat oleh-oleh dengan konsep modern, tapi peminat berburu pernak-pernik khas Bali di pasar tradisional juga enggak pernah sepi.

Apalagi, selain bisa membeli oleh-oleh, kamu juga bisa merasakan sensasi yang berbeda ketika mengunjungi pasar tradisional di Bali.

Bahkan enggak sedikit yang mendatangi pasar tradisional ini bukan untuk mencari pernak-pernik Bali tapi memang ingin memotret suasana pasar yang unik. Bisa jadi foto yang instagramable juga nih untuk ditaruh di feed kamu.

Kalau berencana ke Bali lagi, kamu bisa kunjungi pasar tradisional berikut ini.

Baca juga: Tips Mengatasi Anak Picky Eater Saat Traveling

1. Pasar Sukawati

Ini salah satu pasar tradisional yang menjual souvenir khas Bali, mulai dari baju, tas, kain, ikat rambut, hingga lukisan. Di antara para turis mancanegara, pasar Sukawati juga menjadi salah satu tujuan wajib untuk dikunjungi.

Selain menyediakan souvenir yang komplet, tempat yang luas, serta lokasinya yang mudah dijangkau. Pasar Sukawati hanya berjarak 45 menit berkendara dari Bandara Ngurah Rai. Letakkanya di Desa Sukawati, kabupaten Gianyar.

SHUTTERSTOCK |

 

2. Pasar Ubud

Paling enak ke Pasar Ubud ini sepulang dari Monkey Forest karena letaknya memang tidak jauh dari situ. Sedikit berbeda dengan pasar Sukawati, di sini lebih banyak pedagang lukisan, seni ukir, patung, dan anyaman.

Namun kamu masih bisa menemui banyak yang berjualan baju dan pernak-pernik lainnya.

Sedikit tips, sebelum transaksi sebaiknya kamu berkeliling dulu untuk survey harga karena beberapa pedagang, khususnya yang kiosnya agak ke dalam, membuka harga dengan lebih murah.

SHUTTERSTOCK |

 

3. Pasar Badung

Pasar Badung menyediakan segala kebutuhan harian seperti kebutuhan pokok, sayuran, serta sembako. Untuk kamu penyuka wisata kuliner, sangat tepat berkunjung ke sini karena banyak penjual makanan khas Bali yang bisa kamu beli.

Kalau sudah di sini, kamu pasti enggak tahan untuk enggak mengambil foto-foto suasana di pasar yang unik dank has. Karena hampir semua penjual dan pengunjung memakai kebaya khas Bali.

Baca juga: Kurangi 'Drama' Urusan Toilet Saat Traveling, 7 Benda Ini Wajib Dibawa

SHUTTERSTOCK |

4. Pasar Seni Kuta

Letakkanya di jantung kawasan wisata Kuta, Bali membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi terutama oleh wisatawan asing. Mereka senang membeli baju khas Bali sebagai oleh-oleh atau langsung dipakai sendiri.

Kamu juga bisa menjumpai pedagang cincin, kalung, kain, topi, atau tas khas Bali.

SHUTTERSTOCK |

 

5. Jalan Legian

Meski ini bukan pasar tradisional, tapi di sepajang Jalan Legian kamu bisa menjumpai berderet pedagang menggelar barang jualannya di sini. Hampir semua pernak-pernik khas Bali bisa kamu jumpai di sini.

Soal harga, kamu harus pintar-pintar menawar yak arena hampir semua barang jualannya memang bisa ditawar.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono