A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

5 Manfaat Air Beras untuk Kulit Wajah Halus Bercahaya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 1 Agustus 2019 | 19:00 WIB
Air beras | SHUTTERSTOCK

 

Ternyata air beras memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

 

Pernah mendengar cerita tentang para pekerja Jepang di pabrik beras yang memiliki telapak tangan selembut bayi karena setiap hari bersentuhan dengan beras? Cerita hampir serupa pun terjadi di Indonesia. Mungkin ibu atau nenek kamu pernah mengajarkan untuk memakai air beras untuk perawatan kecantikan.  

Ternyata, faktanya memang air beras bisa bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Caranya, ambil secangkir beras lalu cuci bersih. Beri air baru, aduk rata, saring. Simpan 1-2 jam di dalam kulkas hingga bagian tepung/pati mengendap. Gunakan bagian pati dan air beras untuk beberapa perawatan kecantikan berikut ini.

Baca juga: Bikin Sendiri, Masker Tepung Beras Untuk Wajah Lebih Cerah

  1. Menyamarkan Noda Hitam

Air beras mengandung vitamin dan protein yang dapat menstimulasi sel-sel kulit dan mengembalikan elastisitas kulit, sehingga noda-noda hitam akibat penuaan dini bisa disamarkan.

Caranya, oleskan air beras pada noda-noda hitam yang ada di wajah setiap malam.

  1. Cerahkan Kulit Wajah

Air beras mengandung protein yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah lebih kenyal dan cerah bercahaya.

Cobalah cuci wajah secara rutin, 1-2 kali seminggu, menggunakan air beras. Amati perubahannya, jika tidak ada reaksi negatif pada kulit, tingkatkan pemakaian menjadi 3-4 kali seminggu.

  1. Pembersih Wajah

Kamu bisa menggunakan air beras sebagai alternatif pembersih wajah alami yang menyegarkan. Jika rutin digunakan kulit akan terasa kenyal dan kencang.

Jerawat | SHUTTERSTOCK

  1. Mengempiskan Jerawat

Ternyata air beras mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang mampu  mengempiskan jerawat yang meradang dan mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Kamu cukup mengompres area berjerawat di wajah dengan air cucian beras, lalu diamkan semalaman.

Baca juga: 8 Solusi Mengatasi Bekas Jerawat

  1. Hilangkan Bekas Jerawat

Setelah jerawat kempis, tetaplah menggunakan air cucian beras untuk menghilangkan bekas-bekasnya. Oleskan bagian tepung/pati pada bekas-bekas jerawat. Diamkan hingga kering, lalu bilas hingga bersih.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi