There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Sebelum Babymoon, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

author
Isna Triyono
Selasa, 20 Agustus 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Babymoon memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Melakukan babymoon alias bulan madu sebelum lahiran bayi sudah lazim dilakukan calon ibu.

Babymoon bikin calon ibu lebih rileks dan juga memperkuat ikatan antara suami.

Tapi, sebelum melakukan perjalanan babymoon, ada baiknya memperhatikan 5 hal berikut ini.

1. Minta Rekomendasi Dokter

Sebelum pergi, sebaiknya kamu konsultasikan pada dokter. Bila perlu, minta surat rekomendasi jika kondisi kehamilan kamu cukup kuat untuk naik pesawat misalya.

Baca juga: 5 Cara Redakan Morning Sickness di Malam Hari

2. Waktu Terbaik

Untuk melakukan babymoon, waktu terbaik yang disarankan adalah saat trimester kedua atau di antara usia kehamilan 16 – 24 minggu.

Jika usia kandungan masih terlalu muda, dikhawatirkan berisiko keguguran, sementara jika trimester akhir bisa berisiko mengalami kontraksi.

3. Keamanan Tempat Wisata

Pastikan kamu memilih destinasi wisata yang terbebas dari virus atau tidak sedang adanya wabah penyakit. Selain itu, pertimbangkan pula tempat wisata yang ramah ibu hamil, misalnya medan tidak terlalu terjal atau kemudahan transportasi.

Baca juga: 5 Ide Me Time Untuk Ibu Menyusui, Mudah dan Bikin Happy

4. Lama Waktu Tempuh

Tujuan babymoon ini adalah untuk membuat ibu hamil lebih rileks. Jadi dalam menentukan destinasi wisata sebaiknya tidak terlalu ambisius. Artinya, tidak wajib ke luar negeri atau tempat yang terlalu jauh.

Lama waktu tempuh perjalanan sebaiknya tidak terlalu lama karena bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami kram atau sakit punggung karena terlalu lama duduk.

5. Cek Fasilitas Kesehatan

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah browsing fasilitas kesehatan di sekitar tempat kamu menginap atau lokasi wisata yang dituju. Tujuannya agar kamu bisa lebih mudah menjangkaunya jika sesuatu terjadi pada kamu.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono