Some women choose to follow men, and some women choose to follow their dreams. If you’re wondering which way to go, remember that your career will never wake up and tell you that it doesn’t love you anymore.
Lady Gaga

Menimbang Berat Badan Setiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan

author
Hasto Prianggoro
Senin, 9 September 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menimbang berat badan setiap hari ternyata bisa menurunkan berat badan, lho. Kok, bisa?

 

Journal of Behavioral Medicine melansir hasil studi yang mengatakan bahwa menimbang berat badan setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan. Kenapa? Karena dengan menimbang berat badan setiap hari kita akan melihat progres penurunan berat badan yang kita lakukan.

“Menimbang berat badan secara teratur akan membuat kita termotivasi untuk makan sehat dan teratur berolahraga karena kita bisa melihat hasilnya langsung,” kata Diane Rosenbaum, Ph.D, yang memimpin studi. “Begitu kita lihat berat badan naik, kita akan termotivasi untuk menurunkannya.”

Baca juga: Self-Check Wajib Bagi Perempuan

Hasil penelitian juga memaparkan, perempuan yang rajin menimbang berat badan setiap hari tak hanya akan melihat berat badannya turun tapi juga tahu berapa indeks massa tubuh (IMT) dan persentase lemak tubuhnya.

Fakta lain yang ditemukan peneliti University of Pennsylvania dan Drexel University ini adalah nilai IMT dan persentase lemak tubuh ternyata justru naik pada awal studi, berkebalikan dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa mereka yang memiliki nilai IMT lebih rendah akan lebih sering menimbang berat badan.

Meski begitu, peneliti belum tahu pasti hubungan langsung antara menimbang berat badan setiap hari dengan penurunan berat badan. Bisa jadi beberapa orang enggan menimbang berat badan setelah tahu timbangan berat badan sebelumnya naik.

| SHUTTERSTOCK
Studi terhadap penderita overweight dan obesitas yang dilakukan Duke University tahun 2015 pun memperoleh hasil serupa, yakni berat badan mereka yang setiap hari menimbang ternyata lebih banyak turun dibandingkan yang tidak.

Para peneliti meyakini bahwa ini karena mereka yang menimbang berat badan setiap hari memilih pola makan sehat dan rajin berolahraga. “Mereka akan mengurangi porsi, banyak makan buah dan sayuran, serta rajin jogging,” kata Dori Steinberg, peneliti lainnya. Tapi ingat, menimbang berat badan hanyalah satu dari sekian cara untuk sehat dan bugar. Mereka yang tak menimbang setiap hari pun bisa hidup sehat dan berat badannya turun, kok.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro