Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
Sri Mulyani

Gangguan Kesehatan Bisa Dilihat Dari Kondisi Rambut, Lho

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 18 September 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kulit kepala gatal? Atau muncul uban di sana-sini? Apapun, perubahan pada rambut ini tak boleh dikesampingkan begitu saja. Pasalnya, ada beberapa kondisi kesehatan yang ditandai dengan gangguan pada rambut.

 

1. Minyak berlebih: PCOS

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi dimana fungsi ovarium pada wanita usia subur terganggu. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi sangat berminyak. Tentu ada gejala lain seperti berat badan naik, muncul jerawat, rambut banyak tumbuh di tubuh dan muka, serta mens yag tidak teratur.

2. Muncul uban di sana-sini: Stres

Studi tahun 2013 yang dipublikasikan jurnal Nature Medicine memaparkan bahwa hormon yang diproduksi tubuh untuk merespons stres bisa merusak sel punca melanocyte, yaitu sel yang menentukan warna rambut. Akibatnya, rambut pun berubah menjadi abu-abu atau putih. Dengan kata lain, stres bisa membuat rambut beruban.

Baca juga: Cari Tahu, Frekuensi Keramas Sesuai 8 Jenis Rambut

3. Ubanan di usia muda: kekurangan Vitamin B12

Rendahnya kadar vitamin B12 bisa menyebabkan pigmen rambut menjadi hilang. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin B12 seperti tuna atau salmon.

4. Muncul ketombe: diet tak seimbang

Ketombe muncul ketika microflora di kulit kepala tidak seimbang akibat mengonsumsi makanan tertentu seperti cokelat, produk olahan susu, atau makanan yang mengandung lemak jahat. Makanan-makanan ini bisa menyebabkan produksi minyak berlebih yana memicu munculnya ketombe.

| SHUTTERSTOCK
5. Kulit kepala gatal: kekurangan zinc

Rambut butuh vitamin, mineral, dan mikronutrien untuk tumbuh subur dan sehat. Salah satu mikronutrien penting yang dibutuhkan adalah zinc atau seng, yang membantu tubuh memproses karbohidrat, lemak, dan protein pada rambut. Karena itu, seperti dilaporkan studi tahun 2015 yang dimuat Journal of Clinical and Investigative Dermatology, kekurangan zinc bisa menyebabkan kulit kepala gatal-gatal.

6. Rambut rontok: kekurangan zat besi

Feritin adalah protein yang mengandung zat besi. Dibutuhkan feritin dalam jumlah yang optimal untuk memaksimalkan pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi akan menyebabkan rasa lelah, lemah, dan rambut rontok. Jadi, ketika kamu lihat ada banyak rontokan rambut di sisir dibandingkan hari-hari biasa, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro