Women, like men, should try to do the impossible. And when they fail, their failure should be a challenge to others.
Amelia Earhart

Perut Kencang Saat Hamil? Ubah Posisi Tubuh Atau Lakukan Cara Ini

author
Isna Triyono
Senin, 30 September 2019 | 15:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sensasi perut kencang dan tegang sering dialami ibu hamil.

Saat kontraksi perut juga terasa kencang tapi disertai dengan perasaan mulas. Namun jika terasa tegang, hal itu termasuk hal yang normal dialami ibu hamil.

Dikutip dari doktersehat, perut kencang selama hamil disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pertumbuhan rahim dan janin, gerakan janin yang aktif, atau gejala Braxton hick atau kontraksi palsu.

Kamu perlu waspada jika merasakan perut kencang di trimester akhir. Apalagi jika diikuti dengan perasaan mulas. Bisa jadi itu tanda kamu akan segera melahirkan.

Namun perut kencang saat hamil juga bisa disebabkan masalah kehamilan seperti kehamilan ektopik atau risiko persalinan prematur.

Jika perut kencang terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Baca juga: Bingung Pilih Diapers Bag? Coba Perhatikan 5 Hal Ini!

Namun jika timbul sesekali dengan durasi pendek kemudian hilang, mungkin kamu bisa lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi perut kencang saat kehamilan.

1. Ubah Posisi Tubuh

Jika perut kencang saat kamu duduk, cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan. Atau jika sedang berdiri, cobalah untuk berbaring sampai perut yang terasa kencang, rileks lagi.

2. Hindari Gerakan Mendadak

Gerakan mendadak, seperti dari posisi tidur kemudian dengan cepat bangun dan berdiri, bsia juga membuat perut terasa kencang. Karena itu sebaiknya lakukan gerakan dengan perlahan dan tidak mendadak.

3. Latihan Pernafasan

Kamu bisa latihan bernafasan saat ikut kelas senam hamil. Latihan pernafasan ini bukan Cuma berguna ketika proses persalinan tetapi juga melatih otot perut agar kuat dan meminimalkan gejala perut kencang.

Baca juga: Yuk, Coba Power Pumping Untuk ASI Melimpah

4. Perbanyak Konsumsi Cairan

Kamu bisa minum air putih atau jus buah dan sayuran. Asupan cairan yang cukup membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan membuat perut kembali rileks.

5. Perbanyak Istirahat

Terkadang perut kencang saat hamil juga pertanda tubuh kamu kelelahan. Jadi sebaiknya perbanyak istirahat.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono