A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Rumah Menunjukkan Seberapa Sehat Penghuninya

author
Hasto Prianggoro
Senin, 30 September 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Rumah beserta isinya secara tak langsung menunjukkan karakter dan kondisi penghuninya. Jika rumah dan isinya sehat, penghuninya pun akan sehat.

 

1. Stok camilan

Persediaan camilan kamu menunjukkan seberapa sehat pola makanmu. Yang sehat antara lain buah-buahan, sayuran, gandum utuh. Sebaliknya, pola makan tak sehat terlihat dari persediaan makanan atau camilan yang kaya garam, gula, atau lemak jahat.

2. Piring makan

Tahukah kamu bahwa piring makan kita bisa berpengaruh erhadap besar lingkar pinggang kita? Jika yang ada di rumah hanya piring besar, bisa dipastikan porsi makan kamu pun akan besar juga. Akibatnya, lingkar pinggang pu akan membesar dan tidak sehat. Pakai piring besar untuk menikmati makanan sehat, sebaliknya gunakan piring kecil jika menunya tak sehat.

| SHUTTERSTOCK
3. Gadget dimana-mana

Coba perhatikan, apa saja yang kamu lakukan saat hendak berangkat tidur? Nonton film di Netflix? Membuka smartphone, sosial media, browsing internet, nonton TV bisa membuat kualitas tidur kita terganggu. Cahaya dari layar gadget mapun TV juga akan membuat otak selalu terjaga sehingga mengganggu tidur.

4. Ranjang tak cocok

Apakah kau merasa kaku-kaku dan nyeri setiap kali bangun tidur? Bisa jadi ini disebabkan tempat tidur yang tak cocok. Tak semua orang cocok dengan ranjang yang keras, sebaliknya banyak orang yang juga tak suka ranjang yang terlalu empuk. Pilih yang sesuai, ganti palig tidak setiap 8 tahun sekali.

| SHUTTERSTOCK
5. Kotak P3K

Luka kecil sering sekali terjadi di rumah, entah ketika bersih-bersih, memasak, atau penyebab lain. Itu sebabnya, kotak P3K snagat diperlukan. Rumah yang sehat adalah yang memiliki kotak P3K, karena akan sangat membantu saat terjadi kecelakaan kecil di rumah. Letakkan di tempat yang mudah diraih, tetapi susah dijangkau anak-anak.

6. Tempat simpan make up 

Cara menyimpan make up juga menunjukkan cara kita menjaga kesehatan di rumah. Simpan kotak make up di teat yang bebas bakteri atau kuman, cuci tangan sebelum atau setelah memakai.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro